Edukasi

6 Tanda Kontrol Koersif yang Dapat Melindungi dari Kekerasan

Mewaspadai siklus kekerasan dapat membantu korban keluar lebih awal. Kekerasan tidak harus bersifat fisik – kekerasan emosional juga dapat menimbulkan dampak buruk. Kekerasan  emosional yang terselubung dan kendali koersif dapat diidentifikasi dengan baik melalui hilangnya pilihan, “Bahaya sebenarnya dari kendali koersif bahwa hal itu mengajarkan anda untuk mengendalikan diri sendiri.

Pada akhirnya pelaku kekerasan bahkan tidak perlu lagi melakukan kekerasan, karena Anda telah sepenuhnya menginternalisasi kekerasan tersebut dan melecehkan diri Anda sendiri, tulis pendukung terkenal untuk pencegahan kekerasan dalam rumah tangga, Luke dan Ryan Hart. Permulaan tersembunyi dari kekerasan adalah sikap posesif – yang merupakan kebalikan dari sikap mutualitas. Pada awalnya, orang-orang yang penuh harapan dan berhati terbuka, sering kali secara tidak sadar menganggap kontrol dan manipulasi sebagai ekspresi cinta dan pengabdian – perlahan-lahan terjebak dalam “jaring lengket yang licik”. Mengenali tanda-tanda peringatan sangat penting untuk melindungi diri sendiri dan orang-orang terkasih dari eksploitasi emosional dan fisik.

6 tanda bahaya untuk kontrol koersif:

1. Mereka menggunakan bom cinta

Para pelaku kekerasan membanjiri target mereka dengan kasih sayang untuk membangun kepercayaan, menutupi niat mereka yang sebenarnya. Kedok kebaikan ini bertujuan untuk menyesatkan individu agar menyukai mereka. Saltzman menggambarkan taktik ini sebagai penipuan yang dapat melemahkan kebijaksanaan seseorang – bagian dari diri Anda yang memiliki naluri bawaan dan kebijaksanaan batin yang menawarkan kejelasan dan keterampilan untuk membedakan mana yang benar dan salah.

2. Mereka menggunakan gaslighting

Pelaku kekerasan yang manipulatif menggunakan jenis kebohongan yang sangat melekat ini untuk memutarbalikkan kenyataan, menebarkan keraguan dalam benak korbannya tentang apa yang benar, dan lambat laun membuat anda merasa bersalah bahkan karena menganggap mereka melakukan kekerasan. Mereka membuat anda percaya bahwa batasan anda bersifat agresif, memanipulasi anda untuk berhenti mempertanyakan tindakan mereka. Jika menegaskan batasan Anda membuat seseorang kesal, anggap itu sebagai tanda bahaya.

3. Mereka menggunakan intimidasi

Ketika dihadapkan atau ditanyai oleh orang yang bijaksana, pelaku kekerasan akan melakukan ancaman, penghinaan, intimidasi, atau saling menyalahkan, dan mungkin menggunakan kekerasan fisik untuk mempertahankan kendali. Seseorang yang mencoba melakukan kontrol koersif bahkan mungkin mencoba membalikkan narasi dan mengklaim bahwa Anda telah menyakitinya.

4. Mereka menggunakan isolasi

Tujuannya adalah untuk menghindari paparan dengan secara aktif mencegah orang yang menyampaikan kebenaran dan individu yang tanggap untuk berkomunikasi dengan Anda. Mereka yang memahami situasi dapat memberikan dukungan dan mengungkap kebenaran. Mereka mungkin menyulitkan Anda untuk mengunjungi dan menghubungi keluarga dan teman, memantau lokasi dan panggilan telepon Anda, menguasai uang, meyakinkan Anda bahwa teman dan keluarga yang mendukung Anda tidak baik untuk Anda atau bahwa mereka mempunyai opini negatif terhadap Anda, dan menyebarkan rumor, dan kebohongan.  

5. Mereka suka menyombongkan diri

Untuk mengontrol persepsi mereka, pelaku kekerasan membesar-besarkan kualitas dan prestasi mereka. Pengendali memanipulasi dengan mengatur penampilan mereka, menyembunyikan rasa tidak aman mereka, dan melebih-lebihkan kepentingan mereka. Mereka memberi tahu anda betapa hebatnya mereka dalam meyakinkan anda untuk tetap tinggal dan membuat Anda takut untuk pergi, terutama ketika mereka berpikir Anda tertarik pada mereka. Mereka sering menggambarkan diri mereka sebagai orang yang sangat cerdas, sederhana, intuitif, kaya, kreatif, tak tergantikan, luar biasa, atau ditakdirkan untuk menjadi hebat.

6. Mereka menegakkan aturan-aturan tradisional dan peran gender

Pelaku kekerasan sering kali menerapkan aturan dan norma gender yang kaku dan sepihak untuk menegaskan dominasi dan kendali dalam suatu hubungan. Perilaku seperti ini memperkuat ketidakseimbangan kekuasaan dan melanggengkan stereotip yang merugikan. Mereka membenarkan keyakinan dan tindakan mereka, misalnya dengan mengedepankan gagasan bahwa perempuan harus tunduk sedangkan laki-laki adalah pencari nafkah dan memegang otoritas.

Zoomy Nur

Recent Posts

Klarifikasi Kontroversial, Benarkah Thariq Halilintar Punya Gelar Haji Sejak Usia Dini?

Geni Faruk, dalam upaya klarifikasi atas pernyataannya mengenai Thariq Halilintar yang disebutnya telah memiliki gelar…

5 hours ago

Striker Muda Marc Guiu Akhirnya Bergabung dengan Chelsea

Lahir di Granollers, Spanyol, Marc Guiu seringkali disebut memiliki potensi besar sebagai seorang penyerang. Meski…

5 hours ago

Kontroversi Marshel jadi Calon Wakil Wali Kota Tangerang Selatan, Kritik Tegas dari Pandji Pragiwaksono

Komedian Pandji Pragiwaksono secara tegas mengkritik keputusan Partai Gerindra yang menunjuk Marshel Widianto sebagai calon…

5 hours ago

Penyelidikan Kejagung: Harvey Moeis Tidak Memiliki Pesawat Jet Pribadi, Hanya Jadi Penumpang

Kejaksaan Agung Republik Indonesia (Kejagung RI) mengungkapkan bahwa tersangka korupsi timah, Harvey Moeis, tidak memiliki…

5 hours ago

Perebutan Harta Nagita Slavina, Gideon Tengker Konsultasi dengan KPK Terkait Gugatan Aset Senilai Rp 300 Miliar

Kasus perebutan harta antara Gideon Tengker dan Rieta Amalia, mantan istri Gideon dan ayah Nagita…

5 hours ago

Adik Ayu Ting Ting Bahas tentang Perselingkuhan, Sindir Lettu Fardana?

Ayu Ting Ting dan Lettu Muhammad Fardana telah resmi berpisah sejak 22 Juni 2024. Kabar…

5 hours ago