Lifestyle

Teknik Mindfulness yang Menghilangkan Kecemasan Seketika

Bagaimana cara membantu diri Anda sendiri menjadi tenang secara instan. Mengapa begitu sulit mengatasi kecemasan? Kita telah mendengar dan membaca segala hal tentang pernapasan, meditasi, dan visualisasi, namun sepertinya hal itu mustahil. Banyak orang setuju dengan hal itu, hal ini tercermin dari meningkatnya penggunaan obat-obatan untuk mengatasi gejala kecemasan.

Pernahkah hal ini terlintas dalam pikiran Anda, atau apakah Anda sudah mulai mengonsumsi Xanax, Valium, atau terlalu banyak anggur di penghujung hari? Dalam mengatasi kecemasan, perasaan terputus dari diri sendiri adalah hal yang biasa. Entah karena merasa kewalahan atau tidak berdaya, hal ini disebabkan oleh hilangnya efikasi diri. Dan yang lebih rumit lagi, hal ini biasanya terjadi pada tingkat yang tidak disadari.

Namun, pelatihan mindfulness merupakan bagian efektif dari proses penyambungan kembali dan solusi untuk mengurangi kecemasan. Seringkali, sumber sebenarnya dari kecemasan terselubung, mungkin sebagai gangguan kecil atau sekadar “suasana hati yang buruk”. Dalam keheningan, kita mengungkap kekhawatiran dan ketakutan yang sebenarnya, dan memecahkannya, hal ini menjadi lebih mudah dikelola. Namun, teknik pengurangan kecemasan dalam pelatihan mindfulness perlu dikembangkan setiap hari. Ini seperti membangunnya di sistem Anda sehingga Anda memilikinya saat Anda perlu menggunakannya.

Ketika Anda terbiasa dengan perasaan keadaan pikiran yang tenang, hal itu akan membantu Anda di saat-saat stres. Dan dari pola pikir tersebut muncullah kejelasan, perspektif, dan kepastian bahwa segala sesuatunya baik-baik saja dan dapat dikelola. Namun berhati-hatilah: tidak mungkin menggunakan teknik ini sekali pada saat tingkat kecemasan meningkat jika Anda belum mengembangkannya.

Semua hal baik yang telah Anda pelajari – teknik pernapasan, meditasi, visualisasi – tidak ada gunanya jika Anda tidak mempraktikkannya secara konsisten dan mengetahuinya secara mendalam. Saat kepala Anda berputar dan tubuh Anda mengecil, ini bukan saatnya menggunakan alat yang tidak Anda kenal.

Nah, berikut cara mengurangi kecemasan. Hal ini dapat dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja, namun berikut ini cara melakukannya agar berhasil. Terlepas dari apakah Anda merasa membutuhkannya, mulailah ritual kesadaran setiap hari. Luangkan waktu 20 menit, dua kali sehari, untuk duduk diam dalam keheningan. Bernapas, amati, meditasi, buat jurnal – siapa pun atau kombinasi apa pun yang cocok untuk Anda. Lakukan ini secara konsisten selama 30 hari. Perhatikan bagaimana tingkat kecemasan Anda berubah.

Salah satu teknik pernapasan yang umum adalah pernapasan persegi. Pernapasan persegi bekerja dengan menarik napas selama empat detik, menahannya selama empat detik, dan membuang napas selama empat detik, lalu istirahat selama empat detik. Ini membantu memperlambat detak jantung dan memusatkan kembali diri Anda. Teknik pernapasan bisa dilakukan sendiri atau melalui meditasi. Lalu, terus lakukan itu. Ini adalah gaya hidup, bukan penyembuhan cepat. Setiap waktu akan berbeda, jadi amati diri Anda pada momen-momen ini. Terhubung dengan diri Anda sendiri. Saat kita kehilangan kontak dengan diri kita sendiri, dunia berputar ke arah kita.

Zoomy Nur

Recent Posts

Mudahnya Mengecek Tagihan Listrik dari Rumah

Di era modern ini, segala sesuatu menjadi lebih mudah. Mulai dari memesan makanan, membeli baju,…

15 mins ago

Resep Membuat Salad Ayam Cincang yang Mudah dan Praktis

Salad ayam cincang yang mudah ini adalah resep makan siang yang ringan namun mengenyangkan dengan…

31 mins ago

Klarifikasi Kontroversial, Benarkah Thariq Halilintar Punya Gelar Haji Sejak Usia Dini?

Geni Faruk, dalam upaya klarifikasi atas pernyataannya mengenai Thariq Halilintar yang disebutnya telah memiliki gelar…

10 hours ago

Striker Muda Marc Guiu Akhirnya Bergabung dengan Chelsea

Lahir di Granollers, Spanyol, Marc Guiu seringkali disebut memiliki potensi besar sebagai seorang penyerang. Meski…

10 hours ago

Kontroversi Marshel jadi Calon Wakil Wali Kota Tangerang Selatan, Kritik Tegas dari Pandji Pragiwaksono

Komedian Pandji Pragiwaksono secara tegas mengkritik keputusan Partai Gerindra yang menunjuk Marshel Widianto sebagai calon…

10 hours ago

Penyelidikan Kejagung: Harvey Moeis Tidak Memiliki Pesawat Jet Pribadi, Hanya Jadi Penumpang

Kejaksaan Agung Republik Indonesia (Kejagung RI) mengungkapkan bahwa tersangka korupsi timah, Harvey Moeis, tidak memiliki…

11 hours ago