Islami

Rahasia Hari Tasyrik, Nikmat yang Tersembunyi dalam Tiga Hari setelah Idul Adha

Hari Tasyrik adalah tiga hari istimewa setelah Idul Adha, yaitu pada 11, 12, dan 13 Dzulhijjah. Ketiga hari ini memiliki makna khusus dalam Islam, berkaitan dengan ritual kurban. Yuk, kita pelajari lebih lanjut tentang Hari Tasyrik dan larangannya.

Secara bahasa, tasyrik dalam bahasa Arab berarti mengarahkan sesuatu ke sinar matahari. Namun, dalam konteks agama, Hari Tasyrik merujuk pada tiga hari setelah Idul Adha, yakni 11, 12, dan 13 Dzulhijjah. Hari-hari ini dianggap sebagai penyempurna dari perayaan Idul Adha.

Hari Tasyrik dikenal sebagai waktu khusus yang diberikan Allah kepada umat Islam untuk merasakan nikmat dari hewan kurban. Hal ini didasarkan pada hadis riwayat Muslim yang menyebut, “Hari-hari Tasyrik adalah hari-hari makan, minum, dan zikir kepada Allah.”

Menurut kalender hijriah dari Kementerian Agama RI, Idul Adha 10 Dzulhijjah 1445 H jatuh pada Senin, 17 Juni 2024. Maka, Hari Tasyrik pada tahun ini jatuh pada 18, 19, dan 20 Juni 2024.

Larangan Puasa di Hari Tasyrik

Pada Hari Tasyrik, umat Islam dianjurkan melakukan berbagai ibadah kecuali berpuasa, baik itu puasa Senin-Kamis, puasa Daud, puasa qadha, atau puasa lainnya. Larangan ini bertujuan agar umat Islam menikmati hidangan daging kurban. Rasulullah SAW bersabda dalam hadis Bukhari, “Tidak diperkenankan berpuasa pada hari Tasyrik kecuali bagi siapa yang tidak mendapatkan hewan kurban ketika menunaikan haji.”

Selain larangan puasa, Nabi Muhammad SAW juga menganjurkan umat Islam memperbanyak zikir pada Hari Tasyrik. Dalam hadis riwayat Muslim disebutkan, “Hari Tasyrik adalah hari makan, minum, dan zikir.”

Amalan yang Dianjurkan di Hari Tasyrik

Ada beberapa amalan yang sangat dianjurkan untuk dilakukan pada Hari Tasyrik, di antaranya:

  1. Menyembelih Hewan Kurban
    Menyembelih hewan kurban pada Hari Tasyrik dianggap sebagai bagian dari ibadah kurban, sama seperti pada Hari Idul Adha. Rasulullah SAW bersabda, “Di setiap hari Tasyrik adalah penyembelihan” (HR. Ahmad). Jadi, jika kamu sudah berniat dan memiliki hewan kurban, segeralah menyembelihnya di hari-hari ini.
  2. Menikmati Hidangan Makanan dan Minuman
    Nikmati hidangan dari hasil sembelihan dan sajikan kepada orang-orang sekitar. Dari riwayat Abu Hurairah RA, Rasulullah mengutus Abdullah bin Hudzaifah untuk menyampaikan kepada Kota Mina, “Janganlah kamu berpuasa pada hari ini (Tasyrik) karena ia merupakan hari makan, minum, dan zikir pada Allah.”
  3. Memperbanyak Zikir dan Takbir
    Zikir merupakan salah satu amalan utama pada Hari Tasyrik. Zikir dan takbir pada Hari Tasyrik bahkan lebih utama daripada sholat sunnah. Dalam sebuah riwayat Ibnu Umar disebutkan, “Perbanyaklah tahlil, tahmid, dan takbir pada Hari Tasyrik” (Al-Asqalani, 2004 M/1424 H:II/529).

Hari Tasyrik adalah kesempatan emas untuk menikmati berbagai nikmat dan berkah dari Allah SWT. Jadi, jangan lupa untuk memanfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya, baik melalui ibadah kurban, menikmati hidangan, maupun memperbanyak zikir dan takbir. Semoga kita semua dapat merasakan keberkahan dan kebahagiaan di Hari Tasyrik ini!

Mega Berlian

Recent Posts

Ajukan Gugatan Cerai Terhadap Sexy Goath, Juliette Angela Ingin Dapatkan Hak Asuh Anak

Penyanyi keroncong Juliette Angela, yang dikenal dengan nama JLo, telah mengajukan beberapa poin tuntutan dalam…

25 mins ago

Azriel Hermansyah Sukses Mengejutkan Krisdayanti dengan Lamaran Sarah Menzel

Krisdayanti, ibu dari Azriel Hermansyah, mengaku sangat terkejut dengan keputusan putranya yang dikenal sebagai Ziel…

1 hour ago

Makanan Ini Dapat Menyebabkan Bau Badan, Berikut Penjelasannya

Celebrithink.com - Bau badan yang tidak sedap seringkali menjadi masalah bagi banyak orang. Hal ini…

2 hours ago

Ayu Ting Ting Klarifikasi Nasib Pertunangannya dengan Muhammad Fardhana Setelah Putus Sejak 22 Juni 2024

Pedangdut Ayu Ting Ting akhirnya buka suara mengenai nasib pertunangannya dengan Muhammad Fardhana. Ia mengonfirmasi…

3 hours ago

Jude Bellingham, Wonderkid Inggris yang Bersinar di Real Madrid

Pernahkah kamu mendengar nama Jude Bellingham? Bagi para pecinta sepak bola, terutama penggemar Real Madrid…

5 hours ago

Bulan Juli Penuh Acara di Jogja!

Hai guys! Bersiaplah untuk bulan Juli yang penuh dengan acara seru di Jogja. Dari festival…

5 hours ago