Health

Cara Mengetahui Jika Kecemasan Termasuk Penyakit Mental atau Bukan

Apakah kecemasan Anda benar-benar memperbaiki hidup Anda? “Apakah kecemasan merupakan penyakit mental? Apa artinya saya lebih cemas? Saya mengkhawatirkan hampir segala hal. Saya selalu seperti itu. Apakah ini normal? Apakah ada yang salah dengan diri saya? Apakah saya mengidap penyakit mental?”

Dengan tingkat kecemasan dan stres yang selalu tinggi dan terus meningkat, ini adalah pertanyaan yang sering kita dengar. Mereka ingin memahami kapan kecemasan itu sehat dan kapan itu melewati batas menjadi penyakit mental. Ketika kita ditanyai pertanyaan ini, kita tahu seseorang sedang mencoba memahami kecemasannya dan menentukan seberapa besar mereka harus mengkhawatirkannya.

Orang ingin tahu kapan kecemasan mereka menjadi masalah dan kapan mereka harus mendapatkan bantuan. Jadi, apakah kecemasan merupakan penyakit mental? Kecemasan menjadi penyakit mental jika mengganggu kemampuan anda untuk menjalani hidup produktif dan sehat dalam jangka waktu lama.

Beberapa tanda kecemasan anda mungkin menjalar ke penyakit mental termasuk membuat anda terus terjaga di malam hari, menekan nafsu makan, mengalihkan perhatian Anda dari menyelesaikan tanggung jawab, menimbulkan ketakutan yang Anda tahu tidak masuk akal, dan secara umum menekan pandangan Anda terhadap kehidupan.

Kecemasan, dalam kondisi terburuknya, dapat mengambil alih hidup Anda – atau setidaknya rasa kendali atas hidup Anda. Saat Anda mulai mengkhawatirkan kecemasan Anda, ini biasanya merupakan pertanda baik bahwa Anda punya alasan untuk khawatir dan Anda memerlukan bantuan. Masih tidak yakin apakah kecemasan Anda itu sehat? Berikut empat pertanyaan penting untuk ditanyakan pada diri Anda dalam menilai apakah kecemasan Anda sehat.

Berikut 4 cara untuk mengetahui apakah kecemasan Anda adalah penyakit mental:

1. Apakah ini berhubungan dengan sesuatu yang dapat diidentifikasi dan masuk akal? Apakah itu rasional?

Bertentangan dengan anggapan umum, tidak semua kecemasan itu tidak rasional. Kebanyakan kecemasan cukup rasional: “Apakah saya akan mendapat masalah jika saya tidak menyelesaikan proyek saya sesuai tenggat waktu?” “Bagaimana jika berat badan saya bertambah jika saya tidak berolahraga?” “Apakah aku akan mengatakan hal yang benar untuk menjaga ketertarikannya pada kencan kita?”

Kecemasan dapat memberikan manfaat yang luar biasa dalam memfokuskan kita pada hal-hal rasional dan masuk akal yang kita pedulikan dalam hidup kita. Ini adalah cara normal kecemasan berfungsi sebagai sumber daya dalam seluruh hidup kita, mengingatkan kita akan hal-hal yang dipedulikan.


2. Apakah gambar tersebut ada di latar belakang, mengingatkan Anda akan sesuatu yang Anda pedulikan namun tidak Anda fokuskan?

Seperti pengingat digital di kalender Anda, kecemasan adalah sistem pengingat bawaan Anda untuk memastikan Anda tidak melupakan sesuatu yang penting bagi Anda. Baik itu pajak, kesehatan, atau teman yang belum Anda hubungi kembali, kecemasan dapat menjadi pengingat penting akan hal-hal penting yang perlu kita perhatikan. Inilah kecemasan Anda dalam melakukan tugasnya: mengingatkan Anda akan sesuatu yang Anda pedulikan yang memerlukan perhatian Anda.

3. Apakah tidak nyaman, namun tidak mengganggu hidup Anda?

Dengan kata lain, bisakah Anda merasakannya, namun mengesampingkannya sampai Anda punya waktu untuk mengatasi sinyalnya? Beginilah cara kerja kecemasan satu arah – mengganggu kita tentang sesuatu yang penting dan mendorong kita untuk menyelesaikan apa pun yang sedang kita lakukan sehingga kita dapat mengalihkan perhatian kita ke hal tersebut.

4. Apakah masalah tersebut berkurang ketika Anda mengambil tindakan untuk memecahkan masalah?

Poin penting terakhir tentang kecemasan yang sehat adalah kecemasan tersebut akan berkurang ketika Anda fokus pada sinyalnya dan mengambil tindakan. Kekhawatiran tentang pajak anda tidak akan berkurang sampai Anda mulai menyelesaikan urusan pajak anda. Kecemasan terhadap kesehatan anda akan terus berlanjut sampai anda mengambil tindakan untuk mengatasinya (kenali langkah pertama, buatlah janji temu, atau luangkan lebih banyak waktu untuk mencari solusinya).

Anda tidak harus menyelesaikan masalah untuk meredakan kecemasan. Anda hanya perlu melakukan apa yang Anda bisa untuk menyelesaikannya. Ketika masalah diatasi, kecemasan tidak lagi diperlukan dan menjadi tenang.

Zoomy Nur

Recent Posts

Mahalini Tampil Beda di FuntasticDay, Netizen Soroti Dugaan Operasi Hidung

Penyanyi Mahalini menjadi sorotan warganet usai penampilannya di acara FuntasticDay pada Sabtu, 6 Juli 2024.…

1 hour ago

Asah Skill Digital, Masa Depanmu Terbentang!

Di era digital saat ini, hampir semua aspek kehidupan sudah menggunakan teknologi. Dari mencari informasi,…

3 hours ago

Perbedaan Meteran dan Token Listrik, Prabayar Serta Pascabayar

Hei sobat Gen Z dan Milenial! Pernahkah kamu bingung dengan istilah meteran listrik dan token…

4 hours ago

6 Hal yang Harus Dilakukan saat Kelebihan Sensorik

Ketika kita mendengar kata 'kelebihan sensorik', kita sering membayangkan seorang balita yang mencoba menerima terlalu…

4 hours ago

8 Tips untuk Kamu Jadi Konten Kreator Pemula

Halo guys! Pernahkah kamu kepikiran buat jadi konten kreator hits di media sosial? Bikin konten…

4 hours ago

Simak, Ini Tips Memulai Meditasi untuk Pemula

Meditasi adalah praktik yang dapat memberikan banyak manfaat bagi kesejahteraan fisik, emosional, dan mental seseorang.…

4 hours ago