Health

Tanda-Tanda Kamu Tumbuh dengan Kecemasan Dalam Diri

Hidup dengan kecemasan sering kali sangat melemahkan dan dalam banyak kasus, kecemasan tidak terdiagnosis selama bertahun-tahun sampai suatu episode membuat Anda kewalahan, menyebabkan anda mencari jawaban. Kecemasan bukan hanya suatu penyakit; Ini adalah ketidakseimbangan kimiawi di dalam otak yang menyebabkan pasiennya berpikir secara berbeda dibandingkan seseorang yang memiliki fungsi otak normal.

Segalanya terasa berbeda, dibedah secara berbeda, dan kemampuan memproses sesuatu secara rasional membutuhkan usaha nyata dan meyakinkan dalam pikiran anda sendiri. Sayangnya, banyak anak yang tumbuh dewasa tidak pernah didiagnosis atau diobati dengan baik. Dan penelitian baru dari Universitas Oxford menemukan bahwa “konsekuensi dari gangguan kecemasan pada kaum muda dapat mencakup masalah kesehatan mental di masa dewasa, nilai sekolah yang lebih rendah, dan bahkan pendapatan yang lebih rendah.”

Jika Anda tumbuh dengan rasa cemas, anda mungkin menghadapi pergumulan yang terlalu nyata, banyak di antaranya mungkin masih relevan hingga saat ini. Berikut sembilan tanda Anda tumbuh dengan rasa cemas.

1. Anda lebih sensitif dibandingkan orang lain.

Entah itu diejek oleh teman-teman anda atau mendapat nilai sulit dalam ujian, anda melakukan hal yang lebih sulit daripada cara anda mengamati kebanyakan orang dalam menangani berita buruk.

2. Anda merasa semua orang selalu menghakimi atau membicarakan Anda.

Ketika Anda berjalan melewati sekelompok teman sekelas atau teman-teman sambil berbicara atau tertawa, Anda secara otomatis berasumsi bahwa itu tentang Anda. Mereka tidak menyukaimu. Mereka membenci pakaian Anda. Mereka mengira kamu adalah pecundang. Pikiran Anda berpacu dan Anda berasumsi segalanya tentang Anda karena rasa takut menjadi orang buangan sudah sangat besar sejak usia muda.

3. Anda terkadang menghindari interaksi sosial karena hal itu membuat anda kewalahan.

Ada kalanya Anda tidak bisa mengumpulkan energi atau keberanian untuk pergi keluar dan menghadapi pertemuan sosial atau kerumunan besar. Pertemuan sosial di sekolah menengah selalu membuat Anda sangat cemas, dan terkadang kecenderungan yang sama muncul dalam kehidupan dewasa anda. Terkadang Anda akan tetap terkurung di kamar tidur atau ruang tamu selama berhari-hari karena memikirkan interaksi sosial saja sudah membuat anda ingin semakin menyendiri.

4. Anda membutuhkan lebih banyak kepastian perasaan dalam hubungan anda.

Ketika Anda mulai menjalin hubungan dalam hidup anda, anda membutuhkan banyak kepastian tentang perasaan orang lain terhadap anda. Anda akan menemukan cara untuk membuat pasangan anda menunjukkan atau menyatakan kasih sayang dan ketika dia tidak menanggapi kesukaan anda atau membutuhkan waktu lama untuk menghubungi anda, hal itu membuat Anda panik karena takut mereka akan putus denganmu.

5. Anda hidup dalam ketakutan akan situasi yang tidak dapat dikendalikan.

Anda selalu memiliki rasa takut yang terus-menerus terhadap hal-hal yang berada di luar kendali Anda, dan hal ini membuat kecemasan Anda menjadi sangat liar. Jika Anda tumbuh dengan rasa cemas, Anda pasti tidak asing dengan perasaan bahwa Anda perlu mengendalikan segalanya, dan jika Anda tidak bisa mengendalikannya, hal itu hanya akan semakin memperburuk situasi Anda.

6. Anda terlalu menganalisis setiap situasi secara berlebihan.

Setiap hal yang terjadi pada anda ditafsirkan dan dibedah secara mendalam. Ketika seseorang memberi tahu Anda bahwa mereka menyukai topi Anda, Anda akan mempertanyakan alasannya, berasumsi bahwa mereka bercanda, atau berasumsi bahwa mereka memiliki motif tersembunyi. Anda selalu kesulitan menerima sesuatu begitu saja.

7. Anda kesulitan untuk merasa percaya diri.

Keyakinan adalah sesuatu yang benar-benar harus anda upayakan dalam hidup anda. Anda mungkin terus-menerus diminta untuk lebih percaya diri, tetapi hal ini sulit dilakukan karena selalu ada rasa takut di benak anda bahwa seseorang sedang menghakimi anda. Bahkan ketika anda berperilaku percaya diri, anda diam-diam takut dihakimi karena terlalu sombong atau dianggap narsis. Keyakinan adalah perjuangan besar bagi siapa pun yang menghadapi kecemasan.

8. Anda kesulitan melewati rintangan hidup yang sulit.

Selalu lebih sulit bagi anda untuk melewati rintangan hidup penting yang harus anda hadapi. Bukannya anda tidak ingin maju, hanya saja anda membutuhkan waktu lebih lama karena anda terus-menerus berkutat dalam penyesalan masa lalu dan ketakutan akan masa depan.

9. Anda memiliki masalah perpisahan.

Pada usia dua tahun, sebagian besar anak biasanya sudah mengatasi kecemasan akan perpisahan. Anak-anak dengan kecemasan mungkin mengalami kekhawatiran dan ketakutan yang berlebihan ketika terpisah dari pengasuh utama atau lingkungan akrabnya. Kecemasan ini sering kali berasal dari kurangnya persepsi akan keselamatan dan keamanan. Jika masalah perpisahan ini terus berlanjut hingga masa remaja dan dewasa, hal ini mungkin menunjukkan perjuangan berkelanjutan melawan kecemasan dan kesulitan menghadapi perpisahan. Jika anda tumbuh dengan rasa cemas, ini adalah perjuangan yang sulit, namun seiring bertambahnya usia, anda mulai merasa lebih bisa mengendalikan penyakit anda.

Zoomy Nur

Recent Posts

Ajukan Gugatan Cerai Terhadap Sexy Goath, Juliette Angela Ingin Dapatkan Hak Asuh Anak

Penyanyi keroncong Juliette Angela, yang dikenal dengan nama JLo, telah mengajukan beberapa poin tuntutan dalam…

3 hours ago

Azriel Hermansyah Sukses Mengejutkan Krisdayanti dengan Lamaran Sarah Menzel

Krisdayanti, ibu dari Azriel Hermansyah, mengaku sangat terkejut dengan keputusan putranya yang dikenal sebagai Ziel…

4 hours ago

Makanan Ini Dapat Menyebabkan Bau Badan, Berikut Penjelasannya

Celebrithink.com - Bau badan yang tidak sedap seringkali menjadi masalah bagi banyak orang. Hal ini…

4 hours ago

Ayu Ting Ting Klarifikasi Nasib Pertunangannya dengan Muhammad Fardhana Setelah Putus Sejak 22 Juni 2024

Pedangdut Ayu Ting Ting akhirnya buka suara mengenai nasib pertunangannya dengan Muhammad Fardhana. Ia mengonfirmasi…

6 hours ago

Jude Bellingham, Wonderkid Inggris yang Bersinar di Real Madrid

Pernahkah kamu mendengar nama Jude Bellingham? Bagi para pecinta sepak bola, terutama penggemar Real Madrid…

7 hours ago

Bulan Juli Penuh Acara di Jogja!

Hai guys! Bersiaplah untuk bulan Juli yang penuh dengan acara seru di Jogja. Dari festival…

7 hours ago