Health

Cara Ampuh Mengenali Depresi sehingga Kita Dapat Meredakan Gejalanya

Apa yang mungkin ingin disampaikan oleh depresi Anda kepada Anda. Saat Anda merasa tertekan, yang ingin Anda lakukan hanyalah membuang perasaan buruk tersebut. Anda ingin merasa energik dan penuh harapan lagi. Tentu saja! Namun “meredakan gejala” saja tidak selalu membawa pada kegembiraan baru dan kebahagiaan sejati. Berikut adalah 5 cara ampuh depresi meredakan gejalanya.

1. Diam dan dengarkan pembawa pesan depresi batin Anda

Mendengar pesan gejala depresi memang tidak menyenangkan. Belajar menerjemahkan bahasa tubuh dan perasaan Anda sendiri memang sulit, tetapi mencapai kebahagiaan sejati adalah imbalan yang besar. Pahami bahwa mendengarkan apa yang ada di lubuk hati itu seperti menafsirkan bahasa baru. Bagaimana Anda mulai belajar bahasa Mandarin? Katakanlah Anda benci bahasa, tetapi kenaikan gaji besar dan posisi baru yang menarik akan segera tersedia jika Anda belajar. Salah satu caranya adalah dengan mendengarkan bahasa Mandarin setiap hari dan menuliskan apa yang Anda pahami. Bagaimana kalau mencoba hal yang sama dengan mendengarkan batin Anda, suara di balik depresi Anda? Luangkan waktu untuk itu setiap hari.

2. Dengarkan bahasa tubuh Anda

Tubuh kita mengomunikasikan bahasa emosional kita. Apakah dadamu sesak? Apakah bahumu sakit? Apa yang dimaksud dengan isyarat tubuh ini? Jika Anda mengenyangkan diri dengan makanan, sensasi fisik awal apa yang mengarahkan Anda pada perilaku tersebut? Mulailah mendengarkan tubuh Anda dan apa yang diceritakannya tentang keyakinan inti Anda tentang diri Anda. Membiarkan pola itu terus berlanjut, bagaimana mungkin Anda bisa berharap untuk merasa nyaman? Ingat, Anda tidak mencoba menyelesaikan masalah Anda di sini. Anda hanya mencoba mempelajari bahasa batin Anda. Jadi, perhatikan apa yang tubuh Anda katakan dan tuliskan (sebaik mungkin).

3. Temukan seorang guru/ mentor

kita memerlukan dukungan yang sama dalam belajar memahami bahasa suara hati dan tubuh kita. Sungguh, Anda mungkin tidak akan pernah melakukan hal yang lebih sulit. Jadi, dalam perjalanan Anda, pertimbangkan untuk meminta bantuan — dari teman atau profesional yang sangat Anda percayai.

4. Bersabarlah saat Anda belajar

Bahkan dengan bantuan orang lain, masih banyak pekerjaan yang dilakukan sendirian. Anda tetap harus berkomitmen untuk menghabiskan waktu bersama diri sendiri setiap hari. Berlatihlah memperhatikan apa yang Anda rasakan. Apa yang dikatakan tubuh Anda? Pikiran otomatis apa yang terus muncul? Tidak ada penilaian di sini, hanya belajar bahasanya. Bahasa tubuh Anda, bahasa emosi Anda, bahasa batin Anda. Ini tidak akan mudah. Saya jamin, bahkan dengan niat terbaik sekalipun, suatu saat Anda akan kembali membuang ketidaknyamanan Anda dan berpikir, “Mengapa repot-repot mempelajari bahasa batin ini? Saya benci apa yang saya rasakan!” Tidak apa-apa. Benar-benar! Tapi coba lagi besok.

5. Imbalannya 100% sepadan dengan usahanya.

Bagaimana jika gejala depresi Anda adalah pesan dari diri Anda sendiri ke dalam diri Anda sehari-hari? Bagaimana jika ketidakbahagiaan yang berat itu memberi tahu Anda bahwa ada sesuatu dalam hidup Anda yang perlu dihadapi (dan bahkan mungkin diubah)? Mungkin depresi Anda adalah cangkang keras yang menutupi kerinduan batin yang ingin menjadi hidup.

Depresi adalah pembawa pesan yang dibenci, namun pesannya adalah untuk bersandar dan mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi sebelum membuang ketidakbahagiaan Anda. Tentu saja, masuk akal untuk mengurangi ketidaknyamanan. Namun masuk akal juga untuk mencoba mendapatkan kenyamanan dan kebahagiaan yang lebih dalam dan bertahan lama dengan tidak hanya meredakan gejalanya tetapi menyelesaikannya.

Zoomy Nur

Recent Posts

Ajukan Gugatan Cerai Terhadap Sexy Goath, Juliette Angela Ingin Dapatkan Hak Asuh Anak

Penyanyi keroncong Juliette Angela, yang dikenal dengan nama JLo, telah mengajukan beberapa poin tuntutan dalam…

2 hours ago

Azriel Hermansyah Sukses Mengejutkan Krisdayanti dengan Lamaran Sarah Menzel

Krisdayanti, ibu dari Azriel Hermansyah, mengaku sangat terkejut dengan keputusan putranya yang dikenal sebagai Ziel…

3 hours ago

Makanan Ini Dapat Menyebabkan Bau Badan, Berikut Penjelasannya

Celebrithink.com - Bau badan yang tidak sedap seringkali menjadi masalah bagi banyak orang. Hal ini…

4 hours ago

Ayu Ting Ting Klarifikasi Nasib Pertunangannya dengan Muhammad Fardhana Setelah Putus Sejak 22 Juni 2024

Pedangdut Ayu Ting Ting akhirnya buka suara mengenai nasib pertunangannya dengan Muhammad Fardhana. Ia mengonfirmasi…

5 hours ago

Jude Bellingham, Wonderkid Inggris yang Bersinar di Real Madrid

Pernahkah kamu mendengar nama Jude Bellingham? Bagi para pecinta sepak bola, terutama penggemar Real Madrid…

7 hours ago

Bulan Juli Penuh Acara di Jogja!

Hai guys! Bersiaplah untuk bulan Juli yang penuh dengan acara seru di Jogja. Dari festival…

7 hours ago