Health

Psikolog Ungkap 6 Kebiasaan Mental yang Membuat Kamu Insecure

Rasa tidak aman adalah hal yang normal, tetapi rasa tidak aman yang berlebihan dapat membebani Anda. Banyak orang yang diam-diam menderita rasa tidak aman yang kronis karena mereka menganggap masalah tersebut tidak cukup serius untuk mendapatkan bantuan. Terlebih lagi, mereka biasanya hanya menganggapnya sebagai ciri kepribadian. Merasa tidak aman adalah tentang kebiasaan yang tidak tertanam.

Belajarlah untuk mengidentifikasi 6 kebiasaan yang membuat Anda merasa tidak aman, lalu bekerja keraslah untuk menghilangkannya:

1. Pencarian kepastian

Seperti halnya meminta nasihat, mencari kepastian adalah kebiasaan yang melatih otak Anda, untuk melihat diri Anda dan percaya diri dalam jangka panjang. Kuncinya adalah menyadari bahwa tujuan pencarian kepastian adalah menghilangkan kecemasan. Anda memiliki keraguan terhadap diri sendiri dan ingin orang lain memberi tahu Anda bahwa tidak apa-apa sehingga Anda tidak merasa cemas lagi. Ketika Anda mengandalkan orang lain untuk membuat Anda merasa baik-baik saja, Anda tidak pernah belajar bagaimana membuat diri Anda merasa baik-baik saja. Kita semua memiliki keraguan dan rasa tidak aman. Bedanya, kebanyakan orang bersedia menoleransi sedikit rasa takut dan keraguan karena mereka tahu itu normal dan mereka yakin perasaan itu akan hilang jika dibiarkan. Jika Anda ingin merasa lebih percaya diri dan mengurangi rasa tidak aman sepanjang waktu, Anda harus rela menoleransi keraguan diri Anda alih-alih langsung mencari kepastian dari orang lain.

“Hidup menyusut atau berkembang sebanding dengan keberanian seseorang.”

― Anais Nin

2. Menebak diri sendiri

Seperti meminta nasihat dan mencari kepastian, kebiasaan menebak-nebak diri sendiri memang terasa menyenangkan saat ini, namun lama kelamaan akan menimbulkan rasa tidak aman yang kronis. Mempertanyakan keputusan Anda sendiri tidak selalu berarti buruk. Refleksi yang tulus atas keputusan-keputusan sebelumnya – terutama kesalahan – dapat menjadi sumber pertumbuhan dan pembelajaran yang kuat. Jika Anda ingin merasa lebih aman dengan diri sendiri dan keputusan Anda, berhentilah selalu menebak-nebak.

“Segera setelah Anda memercayai diri sendiri, Anda akan tahu cara hidup.”

-Johann Wolfgang von Goethe

3. Kritik terhadap diri sendiri

Sejak usia muda, sebagian besar dari kita belajar bahwa untuk memotivasi diri sendiri agar sukses, kita harus tegar pada diri sendiri. Dan biasanya, ketangguhan ini berbentuk self-talk yang kasar, menghakimi, dan terlalu negative. Namun dalam kehidupan nyata, mengkritik diri sendiri terus-menerus hanya akan menimbulkan rasa malu, ketidakmampuan, dan bahkan lebih banyak rasa tidak aman. Mengkritik diri sendiri bukanlah sumber motivasi sejati yang berkelanjutan. Sayangnya, kita sering kali malas, terutama dalam hal membangun sumber motivasi yang benar-benar bermanfaat. Jadi, kita mengandalkan strategi motivasi bawaan berupa kritik diri yang membuat kita merasa tidak aman.

“Anda telah mengkritik diri sendiri selama bertahun-tahun dan itu tidak berhasil. Cobalah menyetujui diri Anda sendiri dan lihat apa yang terjadi.”

– Louise Hay

4. Mengkritik orang lain

Menjadi terlalu kritis terhadap orang lain adalah mekanisme pertahanan yang dirancang untuk meningkatkan ego Anda. Saat Anda merasa sangat tidak aman, Anda haus akan perasaan baik tentang diri sendiri dan sering kali putus asa mencari cara untuk membuat diri Anda merasa lebih baik – meskipun itu hanya berumur pendek. Jadi, banyak orang yang merasa tidak aman secara tidak sadar memiliki kebiasaan mengkritik orang lain sebagai cara untuk meningkatkan ego mereka.

“Seringkali mereka yang mengkritik orang lain mengungkapkan kekurangan dirinya.”

– Shannon L.Alder

5. Meminta nasihat

Sangat mudah untuk merasionalisasikan meminta nasihat sebagai ide yang bagus karena sering kali memang demikian. Ketika Anda mengalami kebuntuan, Anda telah mencoba semua yang dapat Anda pikirkan, dan Anda masih belum tahu bagaimana melanjutkan sesuatu, terkadang nasihat dapat membantu. Namun inilah masalahnya: Meminta nasihat terasa menyenangkan – terkadang terlalu menyenangkan. Secara psikologis, kebiasaan meminta nasihat kapan pun Anda merasa buntu, frustasi, atau gugup, bisa menjadi penopang. Tapi Anda bisa kecanduan obat pereda kecemasan ini. Namun ada satu hal yang perlu diperhatikan: Satu-satunya cara untuk membangun kepercayaan diri yang sejati adalah dengan menoleransi ketakutan dan kecemasan Anda dan tetap melakukan apa pun. Di sisi lain, jika Anda terbiasa meminta nasihat sebelum mencoba sesuatu, Anda mengatakan pada diri sendiri bahwa Anda tidak kompeten.

“Saya tidak percaya dalam mengambil keputusan yang tepat, saya mengambil keputusan dan melakukannya dengan benar.”

-Muhammad Ali Jinnah

6. Catastrophizing

Catastrophizing adalah kebiasaan mental membayangkan hal terburuk. Catastrophizing adalah suatu kebiasaan yang buruk karena membuat dunia terlihat jauh lebih menakutkan dan suram dibandingkan keadaan sebenarnya. Ketika Anda terus-menerus mengatakan pada diri sendiri bagaimana segala sesuatunya akan menjadi buruk, jangan kaget jika otak Anda mulai memberi tahu Anda bahwa segala sesuatunya buruk.

“Pikirkanlah indahnya hidup. Perhatikan bintang-bintang, dan lihat diri Anda berlari bersamanya.”

-Marcus Aurelius

Zoomy Nur

Recent Posts

Asah Skill Digital, Masa Depanmu Terbentang!

Di era digital saat ini, hampir semua aspek kehidupan sudah menggunakan teknologi. Dari mencari informasi,…

29 mins ago

Perbedaan Meteran dan Token Listrik, Prabayar Serta Pascabayar

Hei sobat Gen Z dan Milenial! Pernahkah kamu bingung dengan istilah meteran listrik dan token…

58 mins ago

6 Hal yang Harus Dilakukan saat Kelebihan Sensorik

Ketika kita mendengar kata 'kelebihan sensorik', kita sering membayangkan seorang balita yang mencoba menerima terlalu…

1 hour ago

8 Tips untuk Kamu Jadi Konten Kreator Pemula

Halo guys! Pernahkah kamu kepikiran buat jadi konten kreator hits di media sosial? Bikin konten…

2 hours ago

Simak, Ini Tips Memulai Meditasi untuk Pemula

Meditasi adalah praktik yang dapat memberikan banyak manfaat bagi kesejahteraan fisik, emosional, dan mental seseorang.…

2 hours ago

6 Fakta Pribadi yang Tidak Boleh Diungkapkan pada Kencan Pertama

Jangan ungkapkan semua rahasia anda sekaligus. Kejujuran adalah kebajikan yang luar biasa dan merupakan bagian…

2 hours ago