Lifestyle

10 Kebiasaan Kecil yang Membuat Kaya Secara Emosional

Jika Anda belum berada di jalur menuju kekayaan emosional, langkah pertama adalah belajar dari mereka yang telah mencapainya dan mulai menerapkan kebiasaan mereka ke dalam hidup Anda.

Berikut  adalah 14 kebiasaan kecil yang membuat Anda kaya secara emosional:

1. Memberikan penekanan besar pada dampak positif

Orang yang kaya secara emosional, peduli untuk menciptakan dampak positif di dunia. Mereka  memahami bahwa kekayaan, yang lebih dari sekedar uang, diciptakan dengan memberikan nilai kepada orang lain. Namun ini hanya tingkat permukaan… Semakin dalam Anda menggali pikiran orang yang kaya secara emosional, semakin Anda menyadarinya Keinginan untuk memberi dampak positif pada masyarakat sejalan dengan nilai-nilai mereka dan memberi mereka tujuan.

2. Ciptakan banyak aliran pendapatan

Warren Buffett, salah satu investor tersukses sepanjang masa, pernah berkata, “Jangan pernah bergantung pada satu pendapatan. Lakukan investasi untuk menciptakan sumber kedua.” Hal ini karena fluktuasi pasar tidak bisa dihindari. Tidak peduli seberapa kuatnya Anda, Anda tidak bisa melawan mereka. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah melindungi diri Anda dari apa yang mungkin terjadi. Dengan menciptakan banyak aliran pendapatan, Anda memberikan stabilitas pada diri Anda sendiri. Jika terjadi PHK massal, seperti yang terjadi di industri teknologi belum lama ini, masa depan keuangan Anda aman, apa pun nasib Anda di perusahaan tersebut.

3. Melihat tantangan sebagai peluang

Kobe Bryant menekankan pandangan dunia ini ketika dia berkata, “Segala sesuatu yang negatif – tekanan, tantangan – semuanya merupakan peluang bagi saya untuk bangkit.” Bertahun-tahun sebelumnya, Albert Einstein juga mengutarakan “Kita tidak dapat menyelesaikan masalah kita dengan pemikiran yang sama seperti yang kita gunakan saat menciptakannya.” Dalam benak orang-orang yang kaya secara emosional, hambatan sama dengan peluang pertumbuhan.

4. Bangun koneksi yang  baru

Orang yang kaya secara emosional berbeda. Mereka memahami peluang yang diberikan melalui orang-orang baru, sehingga mereka melakukan segala upaya untuk membangun jaringan guna meningkatkan peluang mereka menemukan terobosan berikutnya. Perhatikan bahwa gesekan saat bertemu orang baru bukan hanya tentang apa yang dapat dilakukan orang lain untuk mereka; juga tentang apa yang bisa mereka lakukan untuk orang lain. Ingat apa yang kami katakan tentang dampak positif: “Berilah, maka Anda akan diberikan.”

5. Terus belajar dan berkembang

Kemajuan yang diketahui dan dipahami oleh orang yang kaya secara emosional adalah produk sampingan dari pembelajaran seumur hidup. Pembicara motivasi dan penulis Zig Ziglar menyiratkan hal ini ketika dia berkata, “Jika Anda tidak mau belajar, tidak ada yang bisa membantu Anda. Jika Anda bertekad untuk belajar, tidak ada yang bisa menghentikan Anda.” Orang yang kaya secara emosional selalu mencari hal baru untuk memperbaiki diri. Mereka tidak pernah merasa seperti artikel yang sudah selesai.

6. Fokus pada satu hal pada satu waktu

Mengikuti arus adalah bagian utama untuk menjadi sukses. Rahasia untuk mendapatkan dan tetap mengikuti arus sangatlah sederhana: Anda harus menentukan satu hasil yang Anda fokuskan dengan sungguh-sungguh tanpa gangguan pada waktu tertentu. Orang yang tidak memiliki kekayaan emosional sering kali perhatiannya teralihkan. Saat mereka mengerjakan satu hal, mereka secara bersamaan melakukan banyak hal lainnya. Dengan kata lain, mereka mencari berbagai hasil, sehingga menghalangi mereka untuk mendalami suatu topik.

7. Cari waktu untuk bersantai

Orang kaya mengoptimalkan kehidupan mereka untuk memastikan kinerja mereka berada pada level tertinggi. Saat mereka beristirahat, mereka menjadi lebih baik. Ini bisa melalui membaca atau berbagai aktivitas lainnya. Mereka sangat berhati-hati dalam beristirahat karena mereka sangat peduli dengan kualitas. Mereka ingin upayanya efisien namun juga efektif. Mereka memahami bahwa rahasia pertumbuhan besar adalah dengan berfokus pada melakukan lebih sedikit hal namun memberikan kontribusi yang sangat berdampak.

8. Hindari pengeluaran yang tidak perlu

Anda tidak menjadi kaya secara emosional dengan membelanjakan uang secara sembrono. Tanyakan kepada orang yang kaya secara emosional bagaimana mereka mencapai posisi mereka saat ini, dan kemungkinan besar mereka akan memberi tahu Anda tentang beberapa keputusan yang menyiapkan mereka untuk sukses. Kualitas keputusan Anda menentukan kesehatan saldo bank Anda dan besarnya kekayaan bersih Anda. Ini tidak berarti mereka tidak menghabiskan uang untuk kemewahan. Jika mereka menginginkan sesuatu, mereka akan mendapatkannya karena memenuhi keinginannya dianggap perlu. Perbedaannya terletak pada cara mereka mendapatkannya.

9. Pelajarilah orang-orang sukses lainnya

Novelis Amerika Brad Thor pernah berkata, “Sukses meninggalkan petunjuk, dan jika Anda menabur benih yang sama, Anda akan menuai hasil yang sama.” Inilah tepatnya mengapa orang-orang sukses mempelajari orang-orang sukses lainnya. Mereka ingin mempelajari bagaimana orang lain mendekati berbagai masalah sehingga mereka dapat menghasilkan hasil serupa untuk diri mereka sendiri. Mereka yang tidak memiliki kekayaan emosional lebih memilih membenci. Mereka membuat alasan mengapa orang sukses daripada mempelajari apa yang mereka lakukan.

10. Ubah hal-hal yang tidak mereka sukai

Kekayaan emosional adalah hasil pertukaran nilai. Untuk mendapatkan sesuatu yang berharga untuk diberikan, Anda harus peka terhadap masalah. Inilah sebabnya mengapa orang yang kaya secara emosional tidak pernah mengeluh — mereka hanya memperbaiki apa yang tidak mereka sukai. Ada nilai dalam sebuah solusi. Memecahkan masalah membantu Anda memberikan penawaran, sementara mengeluh tidak membantu.

Zoomy Nur

Recent Posts

Asah Skill Digital, Masa Depanmu Terbentang!

Di era digital saat ini, hampir semua aspek kehidupan sudah menggunakan teknologi. Dari mencari informasi,…

1 hour ago

Perbedaan Meteran dan Token Listrik, Prabayar Serta Pascabayar

Hei sobat Gen Z dan Milenial! Pernahkah kamu bingung dengan istilah meteran listrik dan token…

2 hours ago

6 Hal yang Harus Dilakukan saat Kelebihan Sensorik

Ketika kita mendengar kata 'kelebihan sensorik', kita sering membayangkan seorang balita yang mencoba menerima terlalu…

2 hours ago

8 Tips untuk Kamu Jadi Konten Kreator Pemula

Halo guys! Pernahkah kamu kepikiran buat jadi konten kreator hits di media sosial? Bikin konten…

2 hours ago

Simak, Ini Tips Memulai Meditasi untuk Pemula

Meditasi adalah praktik yang dapat memberikan banyak manfaat bagi kesejahteraan fisik, emosional, dan mental seseorang.…

2 hours ago

6 Fakta Pribadi yang Tidak Boleh Diungkapkan pada Kencan Pertama

Jangan ungkapkan semua rahasia anda sekaligus. Kejujuran adalah kebajikan yang luar biasa dan merupakan bagian…

3 hours ago