Lifestyle

8 Cara Menyaring Teh Tanpa Saringan

Cara menyaring teh tanpa saringan, Dalam panduan ini Anda akan mendapatkan 10 cara mudah untuk menyeduh teh daun segar jika Anda tidak memiliki saringan atau infuser. Gunakan tip dan trik sederhana ini untuk memanfaatkan benda-benda rumah tangga sehari-hari sebaik-baiknya untuk membuat daun teh tubruk yang nikmat.

1. Metode Cangkir Ganda

Metode cangkir ganda sederhana dan dapat dilakukan semua orang di rumah. Yang Anda butuhkan hanyalah dua cangkir dan satu cangkir lagi, Gunakan satu cangkir untuk menuangkan daun teh tubruk dan air panas. Setelah diseduh, pastikan cangkir  anda yang lain bersih dan siap digunakan. Letakkan cangkir yang kosong pada cangkir berisi teh dan air panas, saat Anda menuangkan teh ke dalam cangkir bersih. Ini akan bertindak sebagai penghalang untuk mencegah daun teh berpindah ke dalam cangkir. Cara ini bisa jadi berantakan jika Anda tidak berhati-hati, jadi sebaiknya Anda berlatih beberapa kali di wastafel. Berhati-hatilah juga untuk tidak membakar tangan Anda dengan air panas.

2. Metode Tradisional –  Gaiwan

Metode tradisional menyeduh teh di Tiongkok telah ada selama berabad-abad. Ini adalah mangkuk kecil dengan penutup yang disebut Gaiwan. Jika Anda memiliki Gaiwan di rumah, ini cara sederhana menyeduh daun teh tubruk tanpa saringan. Jika Anda tidak memiliki Gaiwan, Anda masih bisa menggunakan cara ini dengan barang lain yang Anda miliki di rumah. Cukup seduh teh dalam cangkir seperti biasa dengan air panas. Setelah diseduh, gunakan piring kecil untuk memblok daunnya dan tuang ke dalam gelas saji.

3. Cara Menggunakan Filter Kopi Untuk Menyeduh Teh

Jika Anda pecinta kopi segar, Anda mungkin memiliki beberapa penyaring kertas cadangan di dapur Anda. Ini sempurna untuk menyeduh teh. Ini adalah metode sederhana yang memerlukan sedikit pembersihan setelahnya karena Anda dapat membuang kertas saring bekas yang ada daun teh di dalamnya. Ini menggunakan metode yang sama seperti yang Anda gunakan untuk kopi segar. Bersihkan kertas dengan air panas untuk menghilangkan rasa kertas. Tempatkan dalam cangkir dan masukkan daun yang lepas ke dalam saringan. Kemudian tuangkan air panas dengan gerakan memutar ke atas teh dan biarkan hingga matang. Setelah diseduh, lepaskan filter dengan daun di dalamnya dan Anda akan mendapatkan secangkir teh nikmat yang baru diseduh.

4. Mengayak Daun Teh

Karena kebanyakan orang memiliki saringan di dapurnya, ini adalah cara mudah untuk menyeduh jika Anda tidak memiliki infuser di rumah. Seduh daun teh seperti biasa dalam cangkir atau mug. Setelah diseduh, ambil cangkir lain dan letakkan saringan di atasnya. Jika saringannya jauh lebih besar daripada cangkirnya, Anda harus tetap memegangnya saat menuang. Tuangkan cangkir berisi teh yang sudah diseduh ke dalam cangkir bersih. Anda sekarang akan mendapatkan secangkir teh segar yang disaring dengan halus.

5. Menggunakan Garpu

Jika Anda tidak memiliki saringan di rumah, pasti ada garpu yang tergeletak di suatu tempat. Metode ini bagus untuk bepergian atau saat Anda sedang dalam perjalanan. Setelah teh diseduh di cangkir Anda, tuangkan dengan hati-hati ke dalam cangkir lain menggunakan garpu untuk mendorong ke belakang dan menghalangi daun masuk ke dalam cangkir.

6. Metode Penyaringan Kantong Teh Celup

Sebagai pecinta daun segar, Anda mungkin tidak memiliki banyak kantong teh berserakan. Atau, Anda mungkin enggan menggunakan kantong teh untuk menyeduh teh Anda. Tapi percayalah, kami tidak menggunakan isinya apa pun, hanya tasnya saja. Buka kantungnya dan buang isinya. Tutup satu sisi dengan melipat dan membuat lipatan. Buka tasnya dan tuangkan daun lepas Anda. Kemudian, lipat menjadi dua sehingga kedua ujungnya bertemu dan kencangkan dengan peniti. Tempatkan di mug atau cangkir Anda, tuangkan air panas dan biarkan hingga matang. Setelah diseduh, angkat dan buang.

7. Infuser aluminium voil

Buat infuser logam darurat Anda sendiri dengan selembar aluminium voil kecil. Gunting aluminium voil berbentuk persegi berukuran sekitar 25cm x 25cm (tidak perlu diukur, ini hanya panduan kasar). Lipat dua kali menjadi persegi kecil. Dengan menggunakan pisau runcing yang tajam, buat lubang pada sudut yang tertutup. Lipat satu saku dan masukkan ke dalam mug Anda. Masukkan teh bubuk, tuangkan air panas dan biarkan diseduh. Anda mungkin ingin mengaduknya hingga setengah matang. Lepaskan infuser kertas timah dan nikmatilah.

8. Menyeduh Teh Dengan French Press

Siapa sangka alat pembuat kopi bisa berfungsi ganda sebagai infuser? Sebelum memulai cara ini, pastikan French press telah dibersihkan secara menyeluruh untuk menghindari rasa kopi pada teh Anda. Keluarkan penyedot logam dan masukkan teh bubuk Anda ke dalam gelas kimia. Tuang ke dalam air panas dan biarkan hingga matang. Setelah diseduh, masukkan alat penyedot ke dalam gelas kimia dan tekan seperti saat Anda menyeduh kopi. Kemudian tuangkan ke dalam cangkir untuk menikmati teh segar.

Zoomy Nur

Recent Posts

Klarifikasi Kontroversial, Benarkah Thariq Halilintar Punya Gelar Haji Sejak Usia Dini?

Geni Faruk, dalam upaya klarifikasi atas pernyataannya mengenai Thariq Halilintar yang disebutnya telah memiliki gelar…

7 hours ago

Striker Muda Marc Guiu Akhirnya Bergabung dengan Chelsea

Lahir di Granollers, Spanyol, Marc Guiu seringkali disebut memiliki potensi besar sebagai seorang penyerang. Meski…

7 hours ago

Kontroversi Marshel jadi Calon Wakil Wali Kota Tangerang Selatan, Kritik Tegas dari Pandji Pragiwaksono

Komedian Pandji Pragiwaksono secara tegas mengkritik keputusan Partai Gerindra yang menunjuk Marshel Widianto sebagai calon…

7 hours ago

Penyelidikan Kejagung: Harvey Moeis Tidak Memiliki Pesawat Jet Pribadi, Hanya Jadi Penumpang

Kejaksaan Agung Republik Indonesia (Kejagung RI) mengungkapkan bahwa tersangka korupsi timah, Harvey Moeis, tidak memiliki…

8 hours ago

Perebutan Harta Nagita Slavina, Gideon Tengker Konsultasi dengan KPK Terkait Gugatan Aset Senilai Rp 300 Miliar

Kasus perebutan harta antara Gideon Tengker dan Rieta Amalia, mantan istri Gideon dan ayah Nagita…

8 hours ago

Adik Ayu Ting Ting Bahas tentang Perselingkuhan, Sindir Lettu Fardana?

Ayu Ting Ting dan Lettu Muhammad Fardana telah resmi berpisah sejak 22 Juni 2024. Kabar…

8 hours ago