Edukasi

9 Kebiasaan Orang Kaya yang Perlu Anda Tiru

“Uang hanyalah alat. Ini akan membawa Anda ke mana pun yang Anda inginkan, tetapi itu tidak akan menggantikan Anda sebagai pengemudinya.”- Ayn Rand. Banyak di antaranya yang memerlukan disiplin dan konsistensi. Uang sangat sulit didapat, jadi Anda harus menggunakannya dengan bijak saat Anda memilikinya, untuk membangun kekayaan. Dalam artikel ini, kita akan melihat 9 kebiasaan orang kaya yang perlu Anda tiru untuk membangun kekayaan. Berikut kebiasaan orang kaya yang perlu Anda tiru;

1. Mereka Menciptakan Tujuan Finansial

Salah satu kebiasaan utama orang kaya adalah penciptaan tujuan finansial. Penetapan tujuan adalah dasar kesuksesan Anda. Ini mengubah struktur otak Anda sehingga Anda memandang dan berperilaku dengan cara yang akan menyebabkan Anda mencapai tujuan tersebut. Keuangan Anda adalah tujuan atau pencapaian yang Anda ingin uang Anda cakup pada waktu tertentu. Orang-orang kaya memiliki tujuan-tujuan yang mereka tetapkan sendiri dan tujuan-tujuan ini tidak harus terikat pada pembelian saja. Mereka bisa dibuat untuk mendapatkan sejumlah uang atau menjadi jutawan pada usia tertentu. Ingatlah bahwa penetapan tujuan mengubah struktur otak Anda sehingga Anda secara alami berperilaku dengan cara yang akan menyebabkan Anda mencapai tujuan tersebut. Ciptakan tujuan keuangan Anda sesuai dengan apa yang Anda harapkan dalam dua bulan atau dua tahun, tergantung pada apakah tujuan Anda adalah jangka pendek atau jangka panjang.

2. Mereka Disiplin

Orang kaya biasanya disiplin. Anda akan menemukan ciri-ciri disiplin dalam diri mereka bahkan dalam hal-hal yang tidak berhubungan dengan uang. Orang kaya yang membangun kekayaannya melalui kerja keras yang tulus adalah orang yang sangat berprinsip dan disiplin. Disiplin keuangan mengacu pada seberapa baik Anda dapat menyesuaikan pengeluaran dan menabung dengan rencana yang telah Anda tetapkan untuk mencapai tujuan moneter Anda. Hal ini juga sejalan dengan penetapan tujuan.

3. Mereka Menghindari Hutang

Hutang menghalangi Anda menjadi kaya karena utang menghalangi Anda menemukan uang untuk diinvestasikan dan ditabung untuk masa pensiun. Anda harus menghindari hutang seperti wabah. Hutang adalah hambatan terbesar dalam membangun dan mengumpulkan kekayaan. Lebih baik menabung untuk sesuatu yang diinginkan daripada memilih berhutang. Pisahkan antara kebutuhan dan keinginan, hidup sesuai kemampuan Anda, dan disiplin. Sudah menjadi kebiasaan utama orang kaya untuk tidak menjadi debitur.

4. Mereka Tidak Berusaha Mengikuti Keluarga Jones (Perbandingan dengan orang lain)

Ini adalah kebiasaan utama orang kaya lainnya. Keeping up with the Joneses adalah sebuah idiom yang mengacu pada perbandingan dengan tetangga sebagai tolok ukur kelas sosial atau akumulasi barang-barang material. Mengikuti perkembangan keluarga Jones adalah mencoba menunjukkan bahwa Anda sama baiknya dengan orang lain dengan mendapatkan apa yang mereka miliki ketika Anda benar-benar tidak mampu membelinya. Orang kaya punya fokus dan tidak terintimidasi oleh apa pun yang ditampilkan orang lain. Ini adalah kebiasaan yang dimiliki orang-orang kaya yang perlu Anda sesuaikan. Hapus pola pikir ingin membuat orang lain terkesan dengan gaya hidup tertentu ketika Anda cukup tahu bahwa Anda tidak mampu membelinya.

5. Mereka Memiliki Banyak Aliran Pendapatan

kebiasaan jutawan Anda tidak bisa menjadi kaya hanya dengan satu sumber pendapatan. Jika Anda meluangkan waktu untuk mempelajari orang-orang kaya, mayoritas dari mereka memiliki banyak sumber pendapatan dan bahkan ingin mendapatkan lebih banyak lagi. Memiliki lebih dari satu sumber pendapatan mengurangi risiko Anda tidak memiliki sumber pendapatan apa pun karena ketika satu

6. Mereka Menjadikan Tabungan dan Investasi Sebagai Prioritas

Salah satu kebiasaan uang orang kaya adalah mereka menjadikan uangnya bekerja untuk mereka. Mereka tahu bahwa investasi adalah faktor kunci dalam mengembangkan keuangan mereka. Menabung tidak serta merta membuat Anda kaya tetapi membuat Anda disiplin dalam berbelanja dan berguna di saat darurat. Menabung dan berinvestasi adalah dua hal yang berbeda dan perbedaan terbesar di antara keduanya adalah tingkat risiko yang diambil. Berinvestasi memungkinkan Anda memperoleh keuntungan yang lebih tinggi namun disertai dengan tingkat risiko yang lebih tinggi, itulah sebabnya ketika Anda berinvestasi pada sesuatu, Anda harus menerima sejumlah risiko.

7. Mereka Hemat Dengan Pengeluarannya

Menghilangkan pengeluaran yang boros dapat berdampak signifikan pada kemampuan Anda membangun kekayaan. Tampaknya sebagian orang kaya itu boros, tetapi mereka melalui proses sebelum mencapainya. Jika Anda tidak berhasil mengelola sedikit uang yang Anda miliki, Anda akan dengan ceroboh menyia-nyiakan uang Anda ketika Anda memiliki lebih banyak. Buat anggaran dan pisahkan kebutuhan Anda dari keinginan Anda. Jangan membelanjakan uang berdasarkan emosi karena itu hanya akan menyelesaikan masalah Anda untuk sementara dan Anda akan menyesali keputusan Anda. Selain itu, kurangi pengeluaran yang tidak perlu. Memiliki anggaran bulanan akan membantu Anda menyadari ke mana perginya uang Anda dan ke mana Anda perlu melakukan penyesuaian.

8. They Keep Company With Like-Minds

kebiasaan finansial para jutawan untuk bergaul dengan kelompok orang yang tepat dapat menjadi pembeda antara berkelimpahan dan kekurangan. Sudah menjadi kebiasaan orang kaya untuk bergaul dengan orang-orang yang berpikiran positif. Ini disebut koneksi yang menguntungkan. Tidak selalu yang terbaiklah yang berada di puncak, melainkan mereka yang menempatkan dirinya pada posisi untuk ditolong. Orang kaya tidak berteman dengan orang biasa-biasa saja. Temukan orang-orang yang memiliki tujuan keuangan yang sama dengan Anda dan pertahankan tujuan tersebut. Bahkan orang kaya pun tetap berteman dengan sesama orang kaya dan dalam pertemuan seperti inilah ide-ide hebat lahir dan ternyata menciptakan lebih banyak kekayaan.

9. Mereka Memiliki Kebiasaan Mendapatkan Informasi yang Baik

Orang-orang kaya mempunyai kebiasaan untuk selalu mendapat informasi yang baik terutama tentang uang mereka. Biasanya mereka membaca. Mereka mempunyai pemahaman dasar tentang pendapatan mereka, apa yang mereka miliki, berapa biaya investasi mereka, apa yang mereka inginkan dan bagaimana mereka berharap untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Sebelum mengambil keputusan keuangan yang penting, terutama keputusan yang pengetahuannya sangat dangkal, pastikan untuk melakukan penelitian sebanyak mungkin atau dapatkan penasihat keuangan jika memungkinkan. Dengarkan berita, teliti peluang finansial di internet, berlangganan buletin tentang kecerdasan finansial, dan baca juga buku tentang kecerdasan finansial.

Tidak semua pembaca adalah pemimpin, namun semua pemimpin adalah pembaca. Ini cukup untuk mengatakan bahwa orang kaya adalah orang yang rajin membaca. Bacalah buku tentang kecerdasan finansial dan perluas wawasan Anda saat ini, orang kaya punya kebiasaan itu.

Zoomy Nur

Recent Posts

Asah Skill Digital, Masa Depanmu Terbentang!

Di era digital saat ini, hampir semua aspek kehidupan sudah menggunakan teknologi. Dari mencari informasi,…

20 mins ago

Perbedaan Meteran dan Token Listrik, Prabayar Serta Pascabayar

Hei sobat Gen Z dan Milenial! Pernahkah kamu bingung dengan istilah meteran listrik dan token…

49 mins ago

6 Hal yang Harus Dilakukan saat Kelebihan Sensorik

Ketika kita mendengar kata 'kelebihan sensorik', kita sering membayangkan seorang balita yang mencoba menerima terlalu…

1 hour ago

8 Tips untuk Kamu Jadi Konten Kreator Pemula

Halo guys! Pernahkah kamu kepikiran buat jadi konten kreator hits di media sosial? Bikin konten…

1 hour ago

Simak, Ini Tips Memulai Meditasi untuk Pemula

Meditasi adalah praktik yang dapat memberikan banyak manfaat bagi kesejahteraan fisik, emosional, dan mental seseorang.…

2 hours ago

6 Fakta Pribadi yang Tidak Boleh Diungkapkan pada Kencan Pertama

Jangan ungkapkan semua rahasia anda sekaligus. Kejujuran adalah kebajikan yang luar biasa dan merupakan bagian…

2 hours ago