Update

Real Madrid Juara Liga Champions 2023/2024, Tambah Koleksi Trofi Jadi 15

Real Madrid sukses menjuarai Liga Champions UEFA 2023/2024 setelah mengalahkan Borussia Dortmund dengan skor 0-2 di Stadion Wembley, Minggu (2/6/2024) dini hari WIB. Kemenangan ini mengukuhkan status Real Madrid sebagai klub tersukses dalam kompetisi antarklub elite Eropa tersebut.

Madrid mengalahkan Dortmund berkat dua gol yang masing-masing dicetak oleh Dani Carvajal dan Vinicius Junior pada babak kedua, setelah sebelumnya mereka terus ditekan oleh Die Borussen pada babak pertama.

Dengan kemenangan ini, Real Madrid menambah koleksi trofi Liga Champions mereka menjadi 15, jumlah yang jauh lebih banyak dibandingkan klub lain. Los Blancos telah memenangkan enam trofi Liga Champions dalam sepuluh tahun terakhir.

El Real juga memperpanjang catatan positif mereka di final Liga Champions. Madrid tercatat hanya kalah tiga kali dari 18 penampilan di final Liga Champions sepanjang sejarah.

Di sisi lain, ini adalah final Liga Champions ke-19 bagi klub Liga Jerman. Namun, mereka lebih sering kalah daripada menang. Klub Bundesliga hanya pernah juara UCL sebanyak 8 kali, dengan rincian Bayern 6 kali, Dortmund 1 kali, dan Hamburg 1 kali.

Dalam 11 percobaan lain di final, klub Liga Jerman mengalami kekalahan. Bayern kalah sebanyak 5 kali, Dortmund 2 kali, Hamburg 1 kali, serta Eintracht Frankfurt, Borussia Monchengladbach, dan Bayer Leverkusen masing-masing sekali.

Real Madrid pernah mendominasi Eropa dengan meraih 5 gelar pertama Liga Champions sejak 1956. Uniknya, dalam 9 tahun terakhir, Los Blancos kembali menunjukkan kehebatan mereka.

Dalam rentang waktu tersebut, Real Madrid juara 5 kali, yaitu 3 kali berturut-turut pada 2016, 2017, dan 2018, kemudian diikuti oleh kesuksesan pada 2022 dan 2024. Artinya, dalam 9 musim terakhir, hanya 4 kali gelar juara UCL tidak dimenangkan oleh Madrid, yaitu pada 2019 (Liverpool), 2020 (Bayern), 2021 (Chelsea), dan 2023 (Manchester City).

Elga Surya

Recent Posts

Sering Disebut Komedian, Amanda Rigby: Tawarannya Emang Banyak Di Komedi

Amanda Rigby, sering kali dianggap sebagai seorang komedian sejak muncul dalam program-program komedi di televisi.…

20 mins ago

Awas! Ini Bahayanya Jam Tidur Terbalik Bagi Kesehatan

Celebrithink.com - Jam tidur terbalik, yang merupakan kondisi di mana seseorang tidur di siang hari…

50 mins ago

Novia Bachmid Akui Sempat Kebawa Kesal saat Netizen Kritik Single YA LLA

Novia Bachmid merilis single terbarunya yang berjudul "YA LLA" belum lama ini, namun mendapat respon…

2 hours ago

Rencana Bulan Madu Chand Kelvin Usai Menikahi Dea Sahirah, Wisata Sambil Memperdalam Ilmu Agama

Chand Kelvin telah merencanakan perjalanan bulan madu setelah akad nikah dengan Dea Sahirah, yang akan…

4 hours ago

Manfaat Mengatur Pola Makan Setiap Hari

Mengatur pola makan setiap hari adalah kunci untuk mencapai kesehatan yang optimal dan menjaga tubuh…

6 hours ago

5 Hal yang Harus Dihindari agar Artikel Kamu Ramai Pembaca

Menulis artikel yang menarik dan ramai pembaca membutuhkan perhatian pada beberapa hal yang penting. Selain…

6 hours ago