Technology

Cara Mudah Screenshot di Macbook, Ada Lebih dari Satu Cara

Screenshot adalah salah satu cara yang paling efektif untuk menangkap dan menyimpan gambar layar MacBook. Baik untuk membuat catatan, berbagi informasi, atau hanya sekadar menyimpan momen penting, mengambil screenshot di MacBook bisa dilakukan dengan mudah menggunakan berbagai metode yang disediakan oleh sistem operasi macOS. Berikut adalah beberapa cara untuk melakukan screenshot di MacBook.

1. Screenshot Seluruh Layar

Untuk mengambil screenshot seluruh layar MacBook, tekan tombol “Shift” + “Command” + “3” secara bersamaan. Layar MacBook akan secara otomatis difoto dan hasil screenshot akan disimpan di desktop dengan nama file yang berisi tanggal dan waktu pengambilan screenshot.

2. Screenshot Sebagian Layar

Jika kamu hanya ingin mengambil screenshot bagian tertentu dari layar MacBook, gunakan kombinasi tombol “Shift” + “Command” + “4”. Setelah menekan kombinasi tombol tersebut, kursor akan berubah menjadi penunjuk lintasan. Seret kursor untuk memilih area yang ingin kamu tangkap, lalu lepaskan untuk mengambil screenshot.

3. Screenshot dengan Pilihan Window

Jika kamu ingin mengambil screenshot dari jendela aplikasi tertentu, tekan “Shift” + “Command” + “4” terlebih dahulu, lalu tekan “Spacebar”. Kursor akan berubah menjadi ikon kamera. Arahkan ikon kamera ke jendela yang ingin kamu tangkap, lalu klik untuk mengambil screenshot dari jendela tersebut.

4. Mengambil Screenshot dengan Touch Bar

Jika MacBook-mu dilengkapi dengan Touch Bar, kamu juga bisa mengambil screenshot langsung dari Touch Bar. Tekan tombol “Shift” + “Command” + “6” untuk mengambil screenshot dari Touch Bar, termasuk tombol fungsinya.

5. Mengatur Preferensi Screenshot

Untuk mengatur preferensi terkait dengan screenshot di MacBook, buka aplikasi “Screenshot” yang terletak di folder “Utilities” dalam folder “Applications”. Di sini, kamu dapat mengatur berbagai opsi seperti lokasi penyimpanan screenshot, format file, dan lainnya.

Mengambil screenshot di MacBook bisa dilakukan dengan mudah dan cepat menggunakan kombinasi tombol yang telah disediakan. Dengan beberapa metode yang telah dijelaskan di atas, kamu dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar dari seluruh layar, bagian tertentu, atau jendela aplikasi yang kamu inginkan. Jadi, jangan ragu untuk menggunakan fitur screenshot ini untuk memudahkan pekerjaanmu sehari-hari di MacBook!

Dengan memanfaatkan fitur screenshot di MacBook, kamu dapat dengan mudah dan cepat memotret layar untuk berbagai keperluan. Manfaatkanlah berbagai metode yang telah dijelaskan di atas sesuai dengan kebutuhanmu, dan jangan ragu untuk mengatur preferensi screenshot sesuai dengan preferensimu.

Citra Putri

Recent Posts

Mahalini Tampil Beda di FuntasticDay, Netizen Soroti Dugaan Operasi Hidung

Penyanyi Mahalini menjadi sorotan warganet usai penampilannya di acara FuntasticDay pada Sabtu, 6 Juli 2024.…

2 hours ago

Asah Skill Digital, Masa Depanmu Terbentang!

Di era digital saat ini, hampir semua aspek kehidupan sudah menggunakan teknologi. Dari mencari informasi,…

4 hours ago

Perbedaan Meteran dan Token Listrik, Prabayar Serta Pascabayar

Hei sobat Gen Z dan Milenial! Pernahkah kamu bingung dengan istilah meteran listrik dan token…

4 hours ago

6 Hal yang Harus Dilakukan saat Kelebihan Sensorik

Ketika kita mendengar kata 'kelebihan sensorik', kita sering membayangkan seorang balita yang mencoba menerima terlalu…

5 hours ago

8 Tips untuk Kamu Jadi Konten Kreator Pemula

Halo guys! Pernahkah kamu kepikiran buat jadi konten kreator hits di media sosial? Bikin konten…

5 hours ago

Simak, Ini Tips Memulai Meditasi untuk Pemula

Meditasi adalah praktik yang dapat memberikan banyak manfaat bagi kesejahteraan fisik, emosional, dan mental seseorang.…

5 hours ago