celebrithink

Tak Perlu Khawatir, Berikut 7 Cara Efektif Mencegah Kanker Prostat

Pada tahun 2021, Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono dikabarkan pernah mengalami kanker prostat. Kanker prostat adalah kanker yang terjadi di kelenjar prostat yang terletak di sistem reproduksi pria. Terdapat sejumlah cara terkait kanker prostat ini seperti yang diderita SBY.

Namun pada kasus kanker prostat, hingga saat ini para ahli belum dapat mengetahui penyebab pasti berkembangnya kanker di sekitar kelenjar tersebut. Akan tetapi, mencegah kanker prostat bisa dilakukan dengan mengurangi faktor resiko.

Gejala Kanker Prostat bisa berbahaya jika tidak ada tindakan pencegahan. Tidak harus melakukan terapi, tapi dengan hal sederhana dan alami pun bisa mengurangi resiko dan gejala kanker Prostat.

Apa saja yang bisa dilakukan untuk mencegahnya? Berikut ini beberapa cara efektif mencegah Kanker Prostat.

Konsumsi Serat


Konsumsi makanan berserat dikaitkan dengan pengurangan resiko kanker prostat. Namun, direkomendasikan sayur atau buah yang berwarna merah; terutama Tomat dan Semangka.

Makanan ini kaya akan likopen. Studi menunjukkan pria yang mengkonsumsi makanan yang tinggi akan serat dan likopen memiliki resiko kanker prostat lebih rendah.

Teh Hijau


Dikutip dari HealthLine, sejumlah studi menunjukkan mengkonsumsi teh hijau dapat mengurangi resiko kanker prostat. Studi pada hewan pengerat menemukan bahwa: Terdapat hubungan antara kandungan dalam teh hijau dengan resiko kanker prostat yang lebih rendah.

Namun, penelitian lebih lanjut pada manusia diperlukan untuk membuktikan hal ini agar lebih akurat dalam penggunaan teh hijau untuk mencegah resiko kanker prostat ini.

Kacang-Kacangan


Kacang kaya akan isoflavon. Sejumlah studi menunjukkan isoflavon berkaitan dengan penurunan kanker prostat. Isoflavon banyak ditemukan pada kacang kedelai beserta tahu, tempe, buncis, dan jenis kacang lainnya.

Menjaga Berat Badan Normal


Dokter Haekal Anshari menjelaskan: Menjaga berat badan normal dapat mengurangi resiko kanker prostat. Sejumlah studi juga menunjukkan pria yang kelebihan berat badan atau obesitas memiliki resiko yang tinggi terkena kanker prostat.

Olahraga Teratur


Olahraga teratur membantu tubuh tetap sehat dan meningkatkan suasana hati. Olahraga juga membantu mengurangi berat badan yang berlebihan. Manfaat olahraga ini dapat menurunkan resiko kanker prostat.

Pilih Lemak Sehat


Sejumlah studi menemukan terdapat hubungan antara lemak dari hewan dengan kenaikan resiko kanker prostat. Lemak hewani terkandung dalam daging, mentega, susu, dan keju. Sebaiknya pilih nabati, misalnya; dari minyak zaitun, buah-buahan, sayut-sayuran, dan kacang-kacangan.

Hindari Seksual Tinggi


Dokter Haekal menyarankan agar pria menghindari menghindari perilaku seksual resiko tinggi, seperti berganti-ganti pasangan dan tidak memakai pengaman karena dapat menyebabkan infeksi menular seksual. Menurut para ahli, infeksi menular seksual dapat meningkatkan resiko kanker prostat.

Nah demikian beberapa pencegahan resiko kanker prostat yang bisa dilakukan sebaik mungkin. Alangkah baiknya kita semua melakukan pola hidup sehat agar tidak terjangkit penyakit-penyakit. Karena di era sekarang ini kita lebih rentan terkena penyakit, di samping lingkungan yang kurang sehat dan virus-virus yang tak terduga-duga.

Investasi terbaik adalah tubuh kita sendiri. Badan sehat, jiwa sehat, hidup bermanfaat.

Azka Khulaify

Recent Posts

Tips dan Trik Teknik Rahasia dalam Membuat Dimsum Sendiri di Rumah

Dimsum telah lama menjadi favorit para pecinta kuliner di seluruh dunia. Kecil, lezat, dan serbaguna,…

6 mins ago

Kisah Cinta Naysila Mirdad dan Arfito Hutagalung, Dapat Dukungan Keluarga

Hubungan asmara antara aktris cantik Naysila Mirdad dan Arfito Hutagalung mulai terkuak sejak awal tahun…

11 mins ago

Ini Inspirasi Aktivitas Ice Breaking yang Cocok Dilakukan Bersama Anak-Anak

Kegiatan ice breaking sangat penting dalam menciptakan suasana yang menyenangkan dan membuat anak-anak merasa lebih…

13 mins ago

Menggali Potensi Buzz Marketing untuk Kesuksesan Bisnis

Buzz marketing adalah strategi pemasaran yang bertujuan untuk menciptakan perhatian dan percakapan yang luas tentang…

55 mins ago

Tips Menentukan Pasar yang Tepat dalam Membangun Bisnis

Menentukan pasar yang tepat adalah langkah krusial dalam membangun bisnis yang sukses. Mengetahui kepada siapa…

1 hour ago

Pedas Tetap Enak! 10 Camilan Pedas yang Cocok untuk Para Pecinta Rasa Tergigit

Siapa bilang makanan pedas hanya untuk orang-orang yang ingin menantang lidah mereka? Bagi para pecinta…

1 hour ago