Game

Istilah “Ghoul” yang Dipakai dalam Manga Terkenal “Tokyo Ghoul” dan Seri Video Game “Fallout” Ternyata dari Hadist

Video Game “Fallout” yang dibuat oleh studio Bethesda akhirnya diangkat ke seri televisi berjudul sama. DI dalam seri itu, karakternya tidak hanya manusia dan hewan, tapi juga setengah manusia dan mayat hidup, disebut dengan “Ghoul”. Di periode yang sama sekitar tahun 2010-an, ada manga yang mengangkat tema mirip, berjudul Tokyo Ghoul.

Ternyata, istilah “ghoul” disebutkan dalam beberapa hadis dalam literatur Islam. Dalam konteks hadis, istilah ini sering digunakan untuk menggambarkan makhluk yang hidup di tempat-tempat terpencil dan gelap, sering kali dikaitkan dengan kejahatan dan kengerian. Salah satu contoh hadis yang menyebutkan ghoul adalah sebagai berikut:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: “إِذَا سَمِعْتُمُ الصَّلاَةَ فَقُولُوا مِثْلَ مَا يَقُولُ الْمُؤَذِّنُ، ثُمَّ صَلُّوا عَلَيَّ فَإِنَّهُ مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلاَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ بِهَا عَشْرًا، ثُمَّ اسْأَلُوا اللَّهَ لِيَ الْوَسِيلَةَ، فَإِنَّهَا مَنْزِلَةٌ فِي الْجَنَّةِ لاَ يَنَالُهَا إِلاَّ عَبْدٌ مِنْ عِبَادِ اللَّهِ وَأَرْجُو أَنْ أَكُونَ أَنَا هُوَ فَمَنْ سَأَلَ لِيَ الْوَسِيلَةَ حَلَّتْ لَهُ الشَّفَاعَةُ”.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: “Apabila kalian mendengar panggilan untuk shalat, ucapkanlah seperti apa yang dikatakan muadzin, kemudian shalatlah kepadaku. Sesungguhnya siapa saja yang berdoa untukku dengan doa tersebut, Allah akan mendoakan baginya sepuluh kali lipat, kemudian mintalah kepada Allah bagi saya wasilah, karena itu adalah kedudukan di surga yang tidak akan diperoleh kecuali oleh seorang hamba dari hamba-hamba Allah, dan saya berharap saya adalah orang itu. Barangsiapa yang meminta kepada Allah bagi saya wasilah, dia akan mendapatkan syafaat (pertolongan) dari saya”.

Dalam konteks hadis di atas, istilah “ghoul” tidak secara langsung disebutkan, tetapi ghoul dianggap sebagai salah satu dari makhluk-makhluk yang menghuni tempat-tempat terpencil yang dapat menimbulkan rasa takut atau kekhawatiran. Dalam budaya Arab pra-Islam, ghoul dipercayai sebagai makhluk yang mengerikan dan kadang-kadang berbahaya bagi manusia. Oleh karena itu, dalam ajaran Islam, Rasulullah Muhammad SAW memberikan nasihat kepada umatnya untuk berlindung kepada Allah dari segala hal yang dianggap mengerikan atau mengganggu, termasuk ghoul.

Sabar Santoso

Recent Posts

Strategi Efektif Mengatur Waktu bagi Mahasiswa yang Bekerja Paruh Waktu

Menjadi mahasiswa sambil bekerja paruh waktu adalah tantangan besar. Di satu sisi, Anda harus menghadapi…

20 mins ago

Terhipnotis oleh Lagu-Lagu Fujii Kaze yang Soulful

Pernah dengar lagu Workin' Hard atau Shinunoga E-wa milik Fujii Kaze? Jika belum, kalian coba…

30 mins ago

Manajemen Waktu untuk Mahasiswa Aktif Berorganisasi, Menyeimbangkan Akademik dan Ekstrakurikuler

Mahasiswa merupakan tonggak utama dalam menjalani perjalanan pendidikan tinggi. Namun, menjadi mahasiswa bukan hanya tentang…

36 mins ago

Tingkatkan Pengalaman dan Penghasilan, 10 Pekerjaan Part Time yang Cocok untuk Mahasiswa

Menjadi mahasiswa bukanlah alasan untuk menahan diri dari pengalaman dunia kerja. Kehidupan perkuliahan yang sibuk…

1 hour ago

Godaan Warna Baru Sepeda Motor Ikonik Honda Super Cub C125

Sepeda motor ikonik Honda Super Cub C125 kembali hadir tahun ini dengan godaan warna baru…

1 hour ago

Manfaat Luar Biasa Daun Sirih untuk Kesehatan dan Kecantikan

Di balik kesejukan warna hijau dan aroma khasnya, daun sirih menyimpan segudang manfaat yang telah…

1 hour ago