Lifestyle

Ini Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah dan Cara Menggunakannya

Celebrithink.com – Di balik rasanya yang asam dan menyegarkan, jeruk nipis ternyata memiliki banyak manfaat untuk wajah. Hal ini berkat berbagai nutrisi, termasuk vitamin C yang dikandungnya, yang baik untuk kesehatan kulit.

Untuk mengatasi jerawat atau flek hitam, Anda hanya perlu mencelupkan kapas ke perasan air jeruk nipis dan menempelkan ke bagian jerawat. Lalu diamkan selama 5-10 menit, kemudian sampai bersih. Lantas apa saja sih manfaat jeruk nipis untuk wajah? Melansir laman sehatQ, simak penjelasan berikut ini.

Membantu produksi kolagen

Salah satu manfaat jeruk nipis untuk kecantikan yang cukup menjanjikan adalah membantu produksi kolagen, yakni protein yang dapat menjaga kekencangan maupun kekuatan kulit. Alasanya, buah sitrus kecil ini dilengkapi dengan vitamin C, yaitu nutrisi yang dibutuhkan dalam proses pembuatan kolagen.

Menurunkan risiko keriput dan kulit kering

Kandungan vitamin C dalam air jeruk nipis dapat membantu menurunkan risiko keriput dan kulit kering. Hal itu juga telah dibuktikan melalui sebuah studi dalam The American Journal of Clinical Nutrition.

Dalam penelitian yang melibatkan 4.000 wanita ini, sejumlah ahli menemukan bahwa partisipan yang paling banyak mengonsumsi vitamin C memiliki risiko kulit keriput dan kulit kering yang lebih rendah seiring bertambahnya usia.

Menghilangkan noda hitam

Masker air jeruk nipis diyakini bisa menghilangkan noda hitam pada wajah karena mengandung senyawa yang mampu mencerahkan kulit. Selain itu, masker jeruk nipis juga dianggap bisa mencerahkan kulit ketiak yang hitam.

Mengatasi jerawat

Jeruk nipis memiliki sifat antibiotik yang baik untuk mengatasi jerawat. Sifat antibiotik ini dinilai mampu menghambat pertumbuhan bakteri yang kerap menyebabkan munculnya jerawat. Bakteri pada pori-pori wajah sering kali memperparah peradangan, kulit kemerahan, dan rasa sakit yang umumnya menyertai jerawat.

Membantu mengencangkan pori-pori terbuka

Minyak jeruk nipis bersifat astringent yang dapat membantu mengencangkan pori-pori dan mengurangi produksi minyak secara sementara. Inilah alasan mengapa senyawa tersebut banyak ditemukan dalam produk-produk kecantikan. Alhasil, kulit bisa menjadi lebih cerah dan halus.

Mengangkat sel kulit mati

Ini berkat kandungan asam sitrat pada kulit jeruk nipis yang membantu sel kulit mati di wajah mengelupas. Tidak mengherankan jika jeruk nipis kerap dimanfaatkan dalam perawatan kecantikan di spa atau pengobatan rumahan untuk meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit wajah.

Melindungi kulit dari infeksi

Karena memiliki sifat antioksidan, disinfektan, dan antibiotik, jeruk nipis juga dianggap berperan dalam meremajakan maupun melindungi kulit dari infeksi.

Tov

Recent Posts

Ingin Membeli Tablet Dengan Stylus? Perhatikan Perbedaan antara Stylus Aktif dan Stylus Pasif

Stylus adalah alat yang digunakan untuk menulis atau menggambar pada layar tablet atau perangkat lainnya.…

3 mins ago

Outfit Pria untuk Piknik, Tampil Santai Namun Tetap Stylish

Piknik adalah kesempatan yang sempurna untuk bersantai dan menikmati alam sambil menjauh sejenak dari kesibukan…

38 mins ago

Pemahaman dan Tata Cara Pelaksanaannya Jamak Qasar dalam Salat

Dalam ajaran Islam, sholat merupakan salah satu ibadah penting yang harus dilakukan oleh umat Muslim.…

1 hour ago

Memahami Salat Qasar dalam Islam, Pemendekan Salat saat Bepergian

Dalam ajaran Islam, sholat merupakan salah satu ibadah utama yang harus dilakukan oleh setiap Muslim.…

2 hours ago

Mengenal Salat dalam Perjalanan, Jamak dan Qasar

Salat merupakan kewajiban utama bagi umat Muslim sebagai salah satu rukun Islam yang lima. Melakukan…

2 hours ago

Jenis Lensa Kamera yang Cocok Dibawa Saat Piknik, Memotret Kecantikan Alam dengan Lebih Dekat

Piknik adalah kesempatan yang sempurna untuk menikmati keindahan alam dan momen-momen berharga bersama teman dan…

2 hours ago