Lifestyle

Ini Dampaknya Terlalu Sering Menahan Kentut

Celebrithink.com – Kentut adalah proses yang terjadi secara alami pada tubuh setiap manusia. Bahkan, kebanyakan orang kentut lima sampai 23 kali per hari. Namun tak dipungkiri, sebagian orang merasa malu atau tidak nyaman karena sering buang angin. Bisa karena sedang berada di tempat umum atau gas yang dikeluarkan memiliki aroma yang tidak sedap. Alhasil, mereka memilih menahan kentut.

Tanpa disadari hal ini justru bisa menjadi kebiasaan yang berdampak buruk untuk kesehatan. Menahan kentut biasanya tidak memicu efek atau dampak kesehatan yang serius dan berbahaya. Melansir laman halodoc, ini alasan mengapa melepaskan kentut lebih baik daripada terus menahannya.

Menimbulkan Rasa Sakit

Dampak menahan kentut yang paling sering terjadi adalah peningkatan tekanan pada usus yang bisa menjadi menyakitkan. Rasa nyerinya bisa ringan hingga terasa menusuk dan tajam.

Kembung

Kembung terjadi ketika gas terperangkap di dalam usus yang membuat perut menjadi buncit. Tidak hanya dapat membuat Anda tampak seperti kelebihan berat badan, tapi juga membuat tidak nyaman dalam berpakaian dan menjadi tidak percaya diri.

Menjadi Sendawa

Terkadang kentut seperti menghilang dengan sendirinya. Ini karena tubuh dapat menyerap kembali gas untuk sementara waktu. Menurut sebuah penelitian, gas tetap akan menemukan jalan keluar, jika tidak melalui perut yang terasa kembung, maka gas akan keluar melalui sendawa atau dihembuskan dalam napas.

Risiko Divertikulitis

Dampak menahan kentut yang dilakukan berulang kali dapat meningkatkan risiko divertikulitis. Ini adalah kondisi peradangan atau pembengkakan kantong yang terbentuk di sepanjang saluran pencernaan, biasanya di usus besar, yang berkembang menjadi infeksi. Hasilnya, Anda akan merasa mual, muntah, sembelit, atau nyeri perut.

Tov

Recent Posts

Membuat Pernikahan Impian Menjadi Kenyataan, Ini Peran Penting Vendor-Vendor Pernikahan

Pernikahan adalah salah satu momen paling berharga dalam hidup seseorang, dan untuk membuatnya menjadi kenangan…

3 mins ago

Menggali Kekayaan Alam Indonesia, Mengenal Jenis-Jenis Jamu Tradisional dan Manfaatnya

Indonesia, negara kepulauan yang kaya akan budaya dan alam, menyimpan rahasia kekayaan alamnya yang tak…

1 hour ago

Bingung Bagaimana Ungkapkan Perasaan ke Pasangan? Ini Cara yang Dapat Kamu Lakukan

Mengungkapkan perasaan kepada pasangan merupakan langkah penting dalam membangun hubungan yang sehat dan bahagia. Namun,…

1 hour ago

Tutorial Make-up untuk Pemula, Tampil Natural dan Percaya Diri

Mau belajar make-up tapi bingung harus mulai dari mana? Tenang, ini dia tutorial make-up untuk…

2 hours ago

Review Film 2 Fast 2 Furious, Balapan Keren dan Aksi Makin Greget

Bro, kalo lo pecinta balapan seru dengan aksi-aksi keren, pasti udah nggak asing lagi sama…

2 hours ago

Di Cek Yuk, List Anime Olahraga Terbaik yang Bisa Kamu Tonton

Hai penyuka anime, berikut adalah beberapa rekomendasi anime olahraga terbaik yang layak untuk disimak lebih…

3 hours ago