Lifestyle

Ketahui Bahaya Konsumsi Daging Mentah yang Perlu Anda Waspadai

Celebrithink.com – Berbagai jenis daging, baik daging sapi, unggas, atau makanan laut, mengandung protein hewani yang dibutuhkan oleh tubuh. Pada dasarnya, protein bermanfaat dalam meningkatkan massa otot dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

Meski begitu, sebaiknyaperhatikan tingkat kematangan daging sebelum mengonsumsinya. Pasalnya, ada beberapa bahaya mengonsumsi daging mentah yang perlu Anda waspadai. Hal ini penting untuk diketahui agar terhindar dari bahaya yang mengintai dan memperoleh manfaat daging secara maksimal. Melansir laman alodokter, simak ulasannya.

Infeksi Escherichia coli

Daging mentah atau belum matang seutuhnya dapat mengandung berbagai jenis bakteri, salah satunya bakteri Escherichia coli. Bila daging yang mengandung bakteri ini dikonsumsi, seseorang bisa berisiko terkena infeksi E. coli. Seseorang yang terinfeksi bakteri ini umumnya mengalami gejala berupa diare, kram perut, mual, muntah, atau BAB berdarah.

Salmonelosis

Salmonelosis atau infeksi Salmonella adalah penyakit pada sistem pencernaan yang disebabkan oleh bakteri Salmonella. Selain daging mentah, bakteri ini juga bisa ditemukan di dalam telur mentah atau susu yang belum dipasteurisasi. Seseorang yang terjangkit salmonelosis akan menunjukkan gejala-gejala yang serupa dengan infeksi E. coli. Gejala tersebut biasanya muncul antara 6 jam hingga 6 hari setelah terinfeksi Salmonella.

Infeksi cacing pita

Bahaya lain yang mengintai apabila Anda mengonsumsi daging mentah adalah infeksi cacing pita atau taeniasis. Cacing pita biasanya terdapat pada daging sapi atau daging babi yang masih mentah atau kurang matang. Infeksi cacing pita kerap menimbulkan berbagai gejala, mulai dari mual, muntah, demam, sakit perut, penurunan nafsu makan, hingga penurunan berat badan.

Selain bakteri yang telah disebutkan di atas, ada pula bakteri lain yang juga dapat ditemukan di dalam daging mentah, seperti bakteri Shigella dan Clostridium perfringens.

Tov

Recent Posts

Ini Tips Menyimpan Buah Anggur dengan Benar di dalam Kulkas

Buah anggur adalah buah yang lezat dan serbaguna yang bisa dinikmati segar atau dijadikan tambahan…

24 mins ago

Ini Buah yang Tidak Boleh Disimpan dalam Kulkas dan Penyebabnya

Kulkas adalah alat yang berguna untuk menyimpan berbagai jenis makanan agar tetap segar lebih lama.…

33 mins ago

Ini Dia Tips Mematangkan Alpukat dengan Cepat dan Efektif

Alpukat adalah buah lezat yang kaya akan nutrisi, tetapi seringkali kita mendapati bahwa alpukat yang…

1 hour ago

Ini Perbedaan Antara Matcha dan Ocha, Dua Teh Hijau Jepang yang Berbeda

Matcha dan ocha (atau biasa disebut sencha) adalah dua jenis teh hijau yang berasal dari…

1 hour ago

Secangkir Teh Chamomile untuk Menenangkan Tubuh dan Jiwa

Dalam kehidupan yang serba cepat dan penuh tekanan ini, mencari momen untuk bersantai dan menenangkan…

1 hour ago

Panduan Memilih Teknologi Kecerdasan Buatan atau AI yang Tepat untuk Kebutuhanmu

Dalam era di mana teknologi kecerdasan buatan (AI) semakin mendominasi berbagai aspek kehidupan kita, penting…

2 hours ago