Lifestyle

7 Manfaat Liburan bagi Kesehatan

Celebrithink.com – Sibuk menjalani aktivitas yang sama seperti kerja setiap hari dapat menimbulkan kejenuhan. Jika tidak diatasi, maka bisa berpengaruh buruk pada kesehatan tubuh. Itulah sebabnya, Anda perlu meluangkan waktu di sela kesibukan untuk berlibur.

Ternyata, dampak positif berlibur tidak sebatas menghilangkan rasa jenuh dan stres saja. Ada banyak hal positif lainnya yang bisa Anda dapatkan dari liburan. Melansir laman hellosehat, berikut ini manfaat liburan bagi kesehatan secara umum yang dapat Anda rasakan.

Mengurangi stres

Sebagian besar orang yang menjalani liburan bisa memberikan otak Anda kelegaan dari stres. Stres merupakan reaksi tubuh terhadap ancaman, tekanan, dan perubahan yang pastinya akan Anda hadapi setiap hari. Anda membutuhkannya agar bisa memutuskan tindakan apa yang akan dilakukan selanjutnya. Namun, kadar stres yang dibutuhkan juga tidak banyak.

Meredakan rasa cemas

Sama seperti halnya stres, kecemasan juga membuat Anda berpikir dua kali dalam mengambil suatu keputusan. Namun, kecemasan juga tidak boleh berlebihan karena bisa membuat hidup seseorang jadi tidak tenang.

Nah, saat menjalani liburan, Anda akan menjadi lebih santai dan perasaan akan lebih tenang. Tidak seperti hari-hari biasanya yang penuh kesibukan, yang membuat Anda kadang terburu-buru atau tergesa-gesa dalam melakukan sesuatu.

Meningkatkan produktivitas

Melupakan sejenak rutinitas dan menghabiskan waktu dengan berbagai aktivitas yang disukai dapat membuat otak yang awalnya kusut, bisa kembali jernih. Semangat pun akan meningkat. Sehingga. Anda lebih bersemangat untuk bekerja kembali setelah pulang berlibur.

Menimbulkan rasa kepuasaan dalam hidup

Untuk memenuhi berbagai kebutuhan, memang Anda dituntut untuk melakukan pekerjaan. Akan tetapi, bukan berarti Anda harus terus-terus berkutat dengan pekerjaan tanpa kenal lelah. Meluangkan waktu untuk berlibur juga perlu Anda lakukan. Liburan menjaga keseimbangan antara pekerjaan dengan kebahagiaan Anda.

Selain itu, liburan juga bisa meningkatkan rasa syukur Anda karena diberi kesempatan untuk menikmati keindahan selama mengunjungi tempat-tempat yang istimewa.

Meningkatkan aktivitas fisik dan kesehatan tulang

Selain olahraga, meningkatkan aktivitas fisik juga bisa dilakukan dengan berlibur. Jika selama ini Anda hanya banyak menghabiskan waktu di depan laptop, dengan liburan, Anda akan lebih banyak berjalan untuk berpindah dari satu tempat ke tempat wisata lainnya.

Menurunkan risiko penyakit jantung

Perlu diketahui bahwa stres berpengaruh pada kesehatan jantung. Berdasarkan situs American Heart Association, stres dapat meningkatkan tekanan darah dan denyut nadi, yang bisa menyebabkan aritmia atau memperburuk kondisi tersebut, dan membuatnya lebih sulit untuk dikelola.

Dengan mengurangi stres, kecemasan, dan meningkatkan aktivitas fisik, risiko penyakit jantung dapat menurun. Ditambah dengan pola makan sehat yang tetap Anda terapkan selama berlibur, kesehatan jantung akan terkendali.

Meningkatkan kualitas hubungan

Kesibukan bisa membuat Anda dengan pasangan, teman, atau keluarga menjadi berjarak. Dengan menghabiskan waktu lebih banyak dengan mereka, bisa mempererat hubungan satu sama lain. Nah, Anda bisa memanfaatkan liburan untuk meningkatkan komunikasi dengan mereka.

Tov

Recent Posts

Kisah Kilau Lesti Menapaki Puncak Sebagai Ratu Dangdut di SCTV Music Award 2024

Pada malam gemerlap SCTV Music Award 2024, panggung bergemuruh oleh sorak-sorai penonton yang tak henti-hentinya.…

1 min ago

Multitasking, Kehebatan Wanita dalam Handle Berbagai Peran

Wanita sering dianggap sebagai ahli multitasking karena kemampuan mereka untuk menjalankan berbagai peran secara bersamaan…

5 mins ago

Lyodra Raih Prestasi Gemilang di SCTV Music Award 2024, Memborong 4 Piala dalam Satu Malam

Lyodra, nama yang tak asing lagi di dunia musik Tanah Air, kembali menorehkan prestasi gemilangnya…

10 mins ago

Simak Ya, Ini Cara Menentukan Ide Bisnis yang Tepat

Menentukan ide bisnis yang tepat adalah langkah awal yang krusial dalam perjalanan kewirausahaan. Ide bisnis…

18 mins ago

Teknologi vs Lapangan Kerja Manusia, Ini Dampak Transformasi Digital

Pertanyaan tentang apakah teknologi akan menggerus lapangan kerja untuk manusia telah menjadi topik perdebatan yang…

20 mins ago

Mengapa Kita Tidak Bisa Menolak Sensasi Pedas? Ini Penjelasan Ilmiah tentang Daya Tarik Makanan Pedas

Rasa pedas telah menjadi salah satu dari sedikit hal yang dapat menyatukan orang dari berbagai…

1 hour ago