Lifestyle

Cara Mencegah Menopause Dini, Lakukan Hal Ini!

Celebrithink.com – Pada umumnya, wanita mengalami menopause di usia sekitar 50-an. Namun tak sedikit juga yang mengalami menopause sebelum usia 40 tahun. Nah, banyak hal yang menyebabkan menopause dini. Mulai dari masalah kesuburan, risiko osteoporosis dan kanker ovarium. Melansir dari laman klikdokter, berikut ini cara pencegahan menopause dini.

Ketahui Faktor Penyebab

Menopause merupakan fase yang pasti akan terjadi. Namun, setiap wanita berbeda-beda saat mengalami fase ini. Kondisi ini juga bisa dipengaruhi faktor genetik. Bahkan, penyebab menopause dini bersifat multifactorial.

Jika punya riwayat menopause dini dalam keluarga, cara mengurangi risikonya adalah melakukan pola hidup sehat. Serta konsultasidengan dokter untuk mengetahui faktor risiko yang mungkin dapat membuat Anda mengalami menopause.

Berolahraga

Olahraga sangat baik untuk membantu mengatur hormon dan mengontrol kadar lemak pada tubuh. Tapi, olahraga yang berlebihan tidak disarankan karena dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Hal ini bisa berdampak pada ovulasi yang tidak teratur.

Jangan Merokok

Bahan kimia seperti nikotin, sianida, dan karbon monoksida yang terdapat pada rokok dapat mempercepat hilangnya sel telur. Sel telur yang mati tidak dapat beregenerasi ataupun berganti. bWanita yang merokok dapat mengalami menopause 1-4 tahun lebih awal dibandingkan wanita yang tidak merokok.

Kurangi Paparan Bahan Kimia

Beberapa ahli percaya menopause dini dapat terjadi karena bahan kimia. Zat tersebut juga dikenal dengan istilah “endocrine disruptor” (pengganggu endokrin). Bahan kimia yang mengganggu sistem endokrin memengaruhi kemampuan tubuh dalam mengatur hormon. Zat ini sering ditemukan pada produk plastik dan kosmetik (pthalate).

Batasi Konsumsi Kopi dan Minuman Beralkohol

Mengonsumsi alkohol kemungkinan tidak langsung menyebabkan menopause dini. Namun, minum minuman beralkohol dalam jumlah banyak bisa memicu terjadinya menopause dini, terlebih bila Anda memiliki faktor risikonya.

Selain itu, kopi juga dapat menurunkan tingkat kesuburan. Jika khawatir dengan efek yang ditimbulkan, cukup konsumsi satu cangkir kopi per hari.

Menjaga Berat Badan

Estrogen disimpan di dalam jaringan lemak. Berat badan yang berlebihan dapat menyebabkan kelebihan estrogen. Kadar estrogen berlebih dapat memicu kegagalan fungsi ovarium. Anda dapat mengontrol berat badan dengan berolahraga, makan makanan sehat, tidur cukup, dan mengelola stres.

Lakukan Terapi Hormon

Jika kegagalan fungsi ovarium mulai terjadi, kondisi ini akan sulit dihentikan. Namun, melakukan hormone replacement therapy bisa menjadi salah satu cara memperlambat datangnya menopause.

Tov

Recent Posts

Aaliyah Massaid dan Thariq Halilintar, Kisah Kesuksesan Pasangan Terbaik di Silet Award dan Obsesi Award

Pada malam yang penuh gemerlap di Silet Award dan Obsesi Award, sorotan tak terelakkan jatuh…

6 hours ago

Ini Pilihan Lauk yang Cocok Dimakan Bersama Tiwul, Menambah Kenikmatan Hidangan Tradisional

Tiwul, nasi yang terbuat dari singkong, adalah makanan tradisional yang berasal dari Jawa, khususnya daerah…

7 hours ago

Sop Saudara Resep Tradisional yang Menghangatkan Jiwa dan Perut

Sop Saudara adalah salah satu hidangan tradisional Indonesia yang tak hanya lezat, tetapi juga mampu…

7 hours ago

Ini Cara-Cara Mengawetkan Ikan Selain Diasinkan

Mengawetkan ikan adalah cara yang sudah dilakukan sejak lama untuk memperpanjang masa simpan ikan dan…

8 hours ago

Ide Makan Malam, Masak Rolade Ayam Saja

Siapa bilang rolade ayam cuma bisa dinikmati dalam bentuk gulungan daging ayam yang lezat? Ternyata,…

8 hours ago

Wedhang Jahe Rahasia Minuman Hangat yang Membawa Kenyamanan usai Lelah Bekerja

Di tengah-tengah kesibukan hidup yang padat, ada saat-saat ketika tubuh kita membutuhkan sesuatu yang hangat…

8 hours ago