Lifestyle

Ini Makanan Sumber Kolagen yang Baik untuk Kulit

Celebrithink.com – Kolagen merupakan protein penting yang menjaga struktur dan kelenturan berbagai jaringan tubuh, termasuk kulit. Itu sebabnya kolagen kerap menjadi bahan komposisi sebuah produk skincare. Meski begitu, tubuh anda juga bisa mendapatkan manfaat kolagen dari makana tertentu.

Pada dasarnya, kolagen adalah protein penting yang menyusun kulit, tulang, jaringan ikat, dan tendon sehingga anda akan banyak menjumpainya dalam bahan pangan hewani. Meski begitu, tak menutup kemungkinan anda juga bisa menemukannya dalam sayur dan buah. Dilansir dari laman helloSEHAT, berikut ini beberapa contoh makanan yang banyak mengandung kolagen.

Kaldu tulang

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kaldu tulang termasuk sumber kolagen. Anda bisa membuatnya dengan merebus tulang ayam atau sapi selama 12 hingga 48 jam. Semakin lama merebus tulang, semakin kaya kandungan kolagen dan rasa dari kaldu yang dihasilkan.

Selain kolagen, kaldu tulang juga kaya kalsium, fosfor, magnesium, glukosamin, dan kondroitin. Meski begitu, perlu diingat bahwa kualitas kaldu tulang amat ditentukan oleh tulang dan bahan-bahan tambahan yang Anda gunakan.

Ayam

Makanan ini mengandung semua jenis asam amino, yakni zat pembentuk kolagen. Sebagian besar kolagen ayam berasal dari jaringan ikat dan tulang rawannya. Protein pada daging ayam juga tergolong berkualitas tinggi karena kandungan asam aminonya yang lengkap. Berkat hal ini, banyak ahli menggunakan tulang rawan dan leher ayam sebagai sumber kolagen untuk pengobatan radang sendi.

Putih telur

Manfaat putih telur sebagai sumber protein memang tak diragukan lagi. Putih telur dari sebutir telur ukuran besar mengandung 6,2 gram protein yang dapat memenuhi sekitar 10% kebutuhan harian.

Putih telur juga mengandung asam amino dan protein yang disebut albumin. Meskipun kandungan kolagen putih telur tidak begitu tinggi, bahan makanan ini kaya akan prolin, yakni asam amino yang tubuh Anda butuhkan untuk membentuk kolagen.

Ikan

Ikan merupakan makanan yang kaya akan kolagen berkualitas tinggi. Bahkan beberapa ahli bahkan meyakini bahwa makanan laut (seafood) mengandung kolagen yang lebih mudah dicerna bila dibandingkan dengan kolagen dari sumber lainnya.

Meski begitu, perlu diketahui bahwa sebagian besar kolagen ikan terdapat pada kepala, bola mata, dan kulitnya. Jika anda tidak menyukai bagian-bagian tersebut, anda tetap bisa mendapatkan asupan kolagen dengan makan daging ikan dan kulitnya.

Bawang putih

Bawang putih bukanlah makanan yang mengandung kolagen. Meski begitu, bawang putih kaya akan sulfur (belerang), yakni mineral yang membantu membentuk kolagen dan mencegah pemecahan kolagen di dalam tubuh.

Bilaingin menambahkan bawang putih ke dalam masakan sehari-hari, ingatlah untuk memakainya dalam jumlah yang wajar. Bawang putih memang menyehatkan, tapi konsumsi secara berlebihan mungkin bisa memicu sakit perut.

Buah-buahan sitrus

Buah-buahan sitrus seperti jeruk dan lemon sebenarnya tidak mengandung kolagen. Namun, kandungan vitamin C yang tinggi pada buah-buahan ini membantu pembentukan prokolagen yang menjadi bahan baku kolagen di dalam tubuh. Jika diiringi dengan asupan makanan tinggi protein, tubuh Anda akan memiliki cukup kolagen untuk menjaga struktur berbagai jaringannya.

Tomat dan paprika

Buah-buahan ini mengandung vitamin C yang membantu pembentukan kolagen. Tomat juga sumber likopen, yakni antioksidan kuat yang berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit.

Sementara paprika mengandung suatu zat yang disebut capsaicin. Sebuah penelitian dalam jurnal African Health Sciences menunjukkan bahwa capsaicin memiliki sifat antiradang yang ampuh melawan tanda-tanda penuaan kulit.

Tov

Recent Posts

Mengulas Kandungan Gula pada Minuman Boba dan Pengaruhnya pada Kesehatan

Minuman boba, juga dikenal sebagai bubble tea, telah menjadi tren yang populer di seluruh dunia,…

5 mins ago

7 Strategi Efektif Mengatasi Burnout di Kantor

Apakah kamu merasa kelelahan yang luar biasa, kehilangan motivasi, atau bahkan merasa terbakar di tempat…

6 mins ago

Mengenang Kembali Kegembiraan Melalui Permainan Anak-Anak Tradisional Indonesia

Indonesia, sebagai negara yang kaya akan budaya, memiliki warisan berharga dalam bentuk permainan tradisional anak-anak…

16 mins ago

Mengatasi Bau Kulkas dengan Bahan Alami: Tips Ampuh untuk Aroma Segar yang Alami

Kulkas yang bersih dan segar adalah kunci untuk menjaga makanan tetap segar lebih lama. Namun,…

25 mins ago

Mengapa Kulkas Kamu Berbau? Ini Dia Penyebabnya yang Perlu Kamu Ketahui

Kulkas adalah salah satu perangkat rumah tangga yang paling penting dalam menjaga kesegaran makanan dan…

39 mins ago

Mengenal Penyebab Burnout di Kantor, Jangan Abaikan Tanda-tandanya

Apakah kamu merasa terjebak dalam rutinitas yang membosankan di kantor? Apakah kamu sering merasa kelelahan…

1 hour ago